Pendampingan Pembuatan Merk Usaha, Label Kemasan dan Desain Kemasan UMKM Produk Keripik Desa Pa’rappunganta Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan
Abstract
Desa Pa’rappunganta merupakan daerah yang terkenal dengan lahan sawah yang luas. Singkong adalah salah satu tanaman yang dibudidayakan kemudian diolah menjadi produk makanan berupa keripik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan sebagai solusi dalam strategi penjualan, yaitu branding dan pengemasan sehingga mampu meningkatkan daya saing dan mutu produk yang unggul. Tingkat keberhasilan dari produk ini dicapai dengan meningkatnya volume penjualan dan produk dikenal luas oleh masyarakat. Sasaran dari kegiatan ini adalah pelaku UMKM keripik masyarakat desa Pa’rappunganta kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. Metode yang digunakan adalah berupa pendampingan. Keterlibatan pendampingan diawali dengan berkonsultasi dengan pelaku UMKM keripik singkong terkait proses pembuatan, sosialisasi pentingnya merk usaha produk, label pengemasan dan desain pengemasan yang rapi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat berupa strategi dalam penjualan keripik berupa informasi terkait lokasi dan nomor penjual, pemberian merk usaha, label kemasan, dan pengemasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Husnulwati, S. (2012). Pemanfaatan Merek Untuk Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9, No.1(Manfaat merk), 61.
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 8 No.2(Manfaat kemasan), 183.
Permata, R. R., Ramli,, T. S., & Utama, B. (2019). Pentingnya Merek Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Di Jawa Barat. Dialogia Iuridica, Volume 10 Nomor 2(Brand), 35.
Pusparisa, Y. (2020). databoks. Retrieved September 10, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/05/indonesia-miliki-luas-baku-sawah-746-juta-hektare#:~:text=Luas%20lahan%20baku%20sawah%20(LBS,luas%20lahan%20baku%20sawah%20terluas.
Setyani, T. P., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada Pt. Radita Autoprima). Jurnal ilmiah mahasiswa manajemen unsurya, Vol. 1 No1(Merk), 93.
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia, Vol. 11 No. 1(UMKM), 35.
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, Vol. 8 , No. 2(Pengemasan), 69.
Willya, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 70.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat KKN-MAs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.