Sosialisasi Media Masospoli “Masalah Sosial Monopoli” Pembelajaran Sosiologi Berbasis Problem Based Learning di SMAN 1 Bambaira Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat (Game Edukasi Interaktif)

Andi Fitriani M, Abd. Rahman BP, Sabhyati Asri Munandar, Yusdayanti Yusdayanti

Abstract


Mata pelajaran sosiologi dianggap salah satu mata pelajaran yang membosankan dengan materi yang begitu kompleks yang terkait dengan masalah-masalah sosial dalam kehidupan masyarakat. Terlebih lagi ketika menerapkan model pembelajaran yang konvensional sehingga akan membuat  peserta didik bertindak pasif dalam kelas. Pengabdian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode sosialisasi media pembelajaran MASOSPOLI berbasis Problem Based Learning. Sasaran sosialisasi adalah guru dan peserta didik di SMAN 1 Bambaira. Prosedur kegiatan yang dilaksanakan dengan empat tahapan yaitu: pengamatan, analisis problem pembelajaran, merancang alternatif problem, dan implementasi alternatif problem. Sehingga dengan kegiatan sosialisasi media MASOSPOLI berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran sosiologi dapat dijadikan sebagai media alternatif di dalam pembelajaran untuk memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah sosial dengan game edukasi yang dimainkan. Kelebihan media MASOSPOLI adalah meningkatkan memotivasi, keaktifan, pengalaman belajar, dan medianya dapat digunakan pada berbagai mata pelajaran. Sedangkan Kekurangan media ini adalah guru wajib mendampingi untuk mengoreksi jawaban yang diberikan oleh peserta didik dan memerlukan durasi waktu permainan yang cukup lama.

Keywords


Sosialisasi, Media, Masospoli, Problem Based Learning, Game

Full Text:

PDF

References


Ardianti, R., Sujarwanto, E. and Surahman, E. (2022) ‘Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana’, Diffraction, 3(1), pp. 27–35. Available at: https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416.

Ghaida, S. et al. (2021) ‘Pengembangan media moonstar (monopoli super pintar) pada tema 2 kelas iv mi al-firdaus bandung’, 2, pp. 52–62.

Hamdalia Herzon, H., Budijanto and Hari Utomo, D. (2018) ‘Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), pp. 42–46. Available at: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Hotimah, H. (2020) ‘Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Edukasi, 7(3), p. 5. Available at: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599.

Iga Mas Darwati, I.M.P. (2020) ‘Widya Accarya : Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra’, Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 11(1), pp. 24–33.

Robiyanto, A. (2021) ‘ Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), Pp.114-121.

Sari, Milya, & Asmendri. (2020) ‘Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA’ NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), pp. 41–53. Available at: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159.

Tanjung, I.F. (2019) 'Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Strategi Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Respirasi Tumbuhan Tadris Biologi Uin Sumatera Utara', Jurnal Biolokus, 2(1), p. 5. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/292801-studi-meta-analisis-pengaruh-video-pembe-7bf17271.pdf.

Widoretno, S., Setyawan, D. and Mukhlison (2021) ‘Efektifitas Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Anak’, Transformasi Pembelajaran Nasional, 1, pp. 287–295.

Yulianti, E. and Gunawan, I. (2019) ‘Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis’, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), pp. 399–408. Available at: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat KKN-MAs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.