Pendampingan Usaha Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Usia Produktif di Kecamatan Tambaksari dan Kelurahan Pakis Kota Surabaya
Abstract
Data BPS di tahun 2022 menunjukkan ada sekitar 20% (atau 54,9 juta jiwa) penduduk Indonesia yang berada di atas Garis Kemiskinan Sementara (GKS), dan lebih dari separuh penduduk tergolong dalam kategori menjelang kelas menengah (aspiring middle class). Kedua kelompok ini rentan untuk kembali jatuh miskin apabila mengalami guncangan, seperti kehilangan pekerjaan, sakit berkepanjangan, gejolak harga pangan, ataupun bencana seperti pandemi. Sebagai upaya mitigasi dalam melakukan proses membangitkan ekonomi dikalangan muda, khususnya bagi penerima program keluarga harapan yang masuk kategori usia produktif yakni usia 25-40 tahun. sehingga perlu adanya trobosan pendampingan dalam melakukan upaya memberikan jalan untuk membentuk usaha mandiri sehingga nantinya tidak bergantung lagi dengan adanya pemberian bantuan program keluarga harapan (PKH). Pendampingan yang dialakukan adalah dalam bentuk memberikan motivasi berwirausaha, menjelaskan proses produksi, teori dan praktik pemasaran digital, pengelolaan keuangan dan melakukan asesmen usaha berbasis kearifan local. Pengabdian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang merupakan pengabdian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan (stakeholders) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Hasilnya adalah bahwa dalam upaya pendampingan usaha ini memberikan gambaran tentang tren usaha yang sedang diminati oleh pasar di wilayah sekitar tempat tinggal peserta. Pada akhirnya para peserta dapat membuat proposal usaha (business plan) yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membangun usaha secara mandiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arliman S, L. (2017). Perlindungan Hukum Umkm Dari Eksploitasi Ekonomi Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(3), 387. https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v6i3.194
Dewi, M. W., & Muryati, M. (2017). An Analysis of Production Cost Effect With Order Price Method on Sales Pricing of Products at PT. Aneka Printing Indonesia in Sukoharjo. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 1(02), 1–7. https://doi.org/10.29040/ijebar.v1i02.255
Fatkur Huda, S. (2021). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Peningkatan Penjualan melalui Pendampingan Online Selling Pada Platform Digital Increased Sales Through Online Selling Assistance on Digital Platforms Pandemi Covid-19 awalnya menyerang beberapa sendi keja. 5(4).
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
Huda, F., Setiyowati, A., Surabaya, U. M., Banking, I., & Surabaya, M. (2018). Balance Vol. XV No. 2 | Juli 2018 Model Desa Mandiri Berbasis Ekonomi Syariah di Jawa Timur - Indonesia. Balance, XV(2).
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). UMKM menjadi pilar penting dalam perekonomian indonesia. Ekon.Go.Id, May, 1. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Kementrian Investasi. (2021). Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia. Kementrian Investasi. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia
Kurniawati, T., Sa’ida, N., Wahono, W., & Hermoyo, P. (2019). Peningkatan Produktivitas Pengusaha Tempe. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 181. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.2406
M. B. Miles and A. M. Huberman. (1985). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications.
Sholicha, N., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2286
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat KKN-MAs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.