Konsep Pendidikan Akhlak dalam Tafsir Al-Azhar Surah Al-Hujurat Ayat 11-13

Authors

  • Muh. Imaduddin Basarang Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hj. Sumiati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Malli Rusli Universitas Muhammadiyah Makassar

Konsep, Pendidikan Akhlak, Tafsir Al-Azhar, Al-Hujurat

Abstract

Penelitian ini mengkaji konsep pendidikan akhlak dalam Tafsir Al-Azhar Surah Al-Hujurat ayat 11-13. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji konsep pendidikan akhlak dalam Surah Al-Hujurat ayat 11-13, (2) menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung pada Surah Al-Hujurat ayat 11-13, dan (3) menemukan implikasi tafsir Al-Azhar terhadap pendidikan akhlak.

Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan pendekatan tafsir tahlili, yaitu menafsirkan ayat Al-Qur’an Surah Al-Hujurat ayat 11-13 dengan mengkaji setiap ayat yang berkaitan dengan konsep, tujuan, dan implementasi pendidikan akhlak, serta implikasinya terhadap pendidikan akhlak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tafsir Al-Azhar menekankan Surah Al-Hujurat ayat 11-13 mengandung pesan moral dan sosial penting untuk pembentukan akhlak individu dan masyarakat. Ayat 11 melarang mengejek, mencela, dan menghina sesama, mendorong pengembangan karakter berbasis penghormatan martabat manusia dan pengendalian diri. Ayat 12 menegaskan pentingnya menjaga lisan dan tindakan untuk mencegah fitnah dan konflik, berimplikasi pada pembiasaan adab komunikasi, empati, dan tanggung jawab sosial. Ayat 13 menekankan prinsip kesetaraan manusia di hadapan Allah, di mana derajat diukur dari ketakwaan, bukan suku, ras, atau status sosial, yang berimplikasi pada pembentukan sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan menumbuhkan persaudaraan universal.

References

Abdullah, T. (1971). Schools and Politics: The Kaum Muda Movement in West Sumatra (1927–1933). Ithaca: Cornell University Press.

Abdullah, T. (1991a). Islam dan Masyarakat: Pantulan Sejarah Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Abdullah, T. (1991b). Ulama dan Politik di Indonesia. Jakarta: LP3ES.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1999). Islamic Education: Concept, Philosophy, and Practice. Kuala Lumpur: ISTAC.

Al-Mahalli, J., & Al-Suyuthi, J. (2010). Tafsir Jalalain, Jilid 4 (Cet. ke-12). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Al-Qurthubi. (2015). Tafsir al-Qurthubi, Jilid 17 (Cet. ke-2). Jakarta: Pustaka Azzam.

Alfian. (1989). Muhammadiyah: The Political Behavior of a Muslim Modernist Organization under Dutch Colonialism. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Azra, A. (1999). Islam Reformis: Dinamika Intelektual dan Gerakan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Bafadhol, Ibrahim. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 19.

Deliar Noer. (1980). Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900–1942. Jakarta: LP3ES.

Departemen Agama Republik Indonesia. (1985/1986). Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid IX. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an.

Fadhilah, Na’im, & Deswalantri Deswalantri. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13525–34. doi: 10.31004/jptam.v6i3.4468.

Federspiel, H. M. (1994). Persatuan Islam: Islamic Reform in Twentieth Century Indonesia. Ithaca: Cornell University Press.

Hamka. (1938). Di Bawah Lindungan Ka‘bah. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamka. (1939). Tasawuf Modern. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamka. (1982). Kenang-kenangan Hidup (Jilid I). Jakarta: Bulan Bintang.

Hamka. (2007). Tafsir Al-Azhar Juz XXVI. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character. New York: Bantam Books.

Muslim, Abu Al-Husain. (2006). Sahih Muslim. Riyadh: Dar Al-Salam.

Yusran, A. (2017). Buya Hamka: Pemikiran dan Pengaruhnya dalam Dakwah Islam di Indonesia. Jurnal Ushuluddin, 25(2), 167–184.

Downloads

Published

2025-06-10