PEMIKIRAN K.H AHMAD DAHLAN TENTANG PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Yusril Yusril, Dahlan Lama Bawa, St Rajiah

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode Kajian pustaka (Library Researce) Untuk mengetahui bagaimana Pemikiran K.H Ahmad Dahlan Tentang Pembaharuan Pendidikan di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, Analisis deskriptif atau penelusuran literatur dengan jalan mengumpulkan data, menganalisis, menarik kesimpulan dan menyusun, yang dipokuskan pada penelusuran dan penelitian literature. Hasil penelitian ini buah pemikiran K.H Ahmad Dahlan yang corak pemikirannya menjadi dasar pembaharun pemahaman Islam yang masi ortodoks. Di Indonesia Ahmad Dahlan telah berhasil dalam bidang kesehatan, sosial, pilitik keagamaan dan juga berhasil dalam pembaharun di bidang Pendidikan atau modernisasi pendidikan yang bersifat stagnan atau statis, disisi lain konsep yang tidak mengarah pada pembentukan nilai akhlak dan moral yang dulunya pendidikan masi bersifat umum dan diperuntukkan pada kalangan tertentu saja yang sudah berhasil diperuntukkan kepada siapapun yang menginginkan pendidikan. Keberhasilan ini tentunya sangat dirasakan manfaatnya masyarakat saat sekarang ini.

Kata Kunci: Pemikiran K.H Ahmad Dahlan; Pembaharuan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Alhar, Hamid, Islam dalam gejolak mmodernisasi, (Surakarta, LPSK UMS, 1983).Arifin, Mt, Gagasan Pembaharuan Muhammadiyah, (Jakarta : Dunia Pustaka Jaya, 1987).

Hadikusumo, Djarnawi, Ilmu Akhlak, (Yogyakarta, Persatuan, 2013).

Muhammad, Omar, Falsafatut Tarbiah wal islamiah, (Jakarta, Bulan bintang, 1979).

Mulkhan, Abdul Munir, Al Islam Dan Kemuhammadiyahan, (Yogyakarta : Majelis Pendidikan Tinggi penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2016).

Nizar, Syamsu Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta, Ciputat pers, 2002).

Nugroho, Andi, K.H Ahmad Dahlan : Biografi Singkat 1868-1923, (Djogyakarta : Garasi House of Book, 2001).

Ridjaluddin, Muhammadiyah dalam Tinjauan Filsafat Islam, (Jakartra, pki fai umk, 2011).

Sucipto, Hery, K. H Ahmad Dahlan Sang Pencerah, (Jakarta, Best Media Utama, 2010).

Mawardi, A. (2016). Studi pemikiran pendidikan KH. Ahmad dahlan. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94-102.

Mawardi, A. (2016). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 29-36.

Bawa, D. L., & Mawardi, A. (2019). PERANAN AGAMA DAN NILAI-NILAI SOSIAL (SINERGITAS PENDIDIKAN AGAMA DAN DAKWAH DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT). JURNAL AL-NASHIHAH, 3(01), 01-11.

Rusydi, R. (2016). Peran Muhammadiyah (Konsep pendidikan, usaha-usaha di bidang pendidikan, dan tokoh). TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 139-148.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.