Aliran Filsafat Pendidikan: Naturalisme dalam Konsep Pendidikan Islam
DOI: https://doi.org/10.26618/y4awrw30
Naturalisme, Pendidikan Islam, FIlsafat Pendidikan
Abstract
Naturalisme merupakan salah satu aliran yang menekankan pada konsep pembawaan dan juga lingkungan seorang anak. Menurut aliran ini, seorang anak itu lahir baik, sedangkan yang buruk adalah lingkungannya. Kondisi tersebut berkaitan dengan bagaimana seorang anak mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan Islam, seperti aspek kognitif, spiritual, dan moral dalam proses pendidikannya. Tujuan penelitian: (1) mengetahui tentang pandangan umum aliran naturalisme dan pendidikan Islam, (2) menganalisis bagaimana aliran naturalisme dan pendidikan Islam saling terkait dalam memengaruhi perkembangan kognitif, spiritual, dan moral anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research), yaitu dengan mencari, mengumpulkan, dan mengkaji berbagai sumber literatur yang relevan, baik berupa buku, jurnal, maupun artikel ilmiah lainnya.
References
Andriany, J., Oktavia, S., Agustina, R., Nursusanti, A., & Wahyuni, A. (2023). Meretas filsafat pendidikan materialisme-naturalisme dalam konteks pendidikan dasar. Madako Elementary School, 2(1), 48-61.
Aris, A. S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam.
Khaerunnisa, D., Hamdiah, S. D., Hidayat, W., & Indriana, D. (2024). ALIRAN-ALIRAN DALAM PENDIDIKAN PERSPEKTIF FILSAFAT. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2246-2259.
Kholifatun, U. N. (2024). Peserta Didik (Dalam Pandangan Aliran Nativisme, Empirisme, Naturalisme Dan Konvergensi dalam Tinjauan Pendidikan Islam). Ta'dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 86-96.
Makbul, M., Farida, N. A., & Rukajat, A. (2022). Peserta Didik dalam Pandangan Teori Empirisme, Naturalisme, Konvergensi Naturalisme dan Tinjauan Pendidikan Islam. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 3(2).
Mardatilah, W. Z., Ilahi, R. K., & Putri, R. (2025). Aliran Aliran dalam Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 230-244.
Musdalifah, M. (2019). Peserta Didik Dalam Pandangan Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 243-251.
Nadirah, S. (2013). Anak Didik Perspektif Nativisme, Empirisme, dan Konvergensi. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 16(2), 188-195.
Syarif, M. (2021). NATURALISME:(Pemikiran Alamiyah Materialistik dan Pluralistik Pendidikan). Tarbiyatul Aulad, 7(2).
Tirta, G. A. R. (2022). Sejarah Aliran Naturalisme. Teori Belajar dan Aliran-Aliran Pendidikan, 67.
Wafiq Zahira Mardatilah, Rivo Kurnia Ilahi, & Rahmi Putri. (2025). Aliran Aliran dalam Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(3), 126–140. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3596
Yahya, M., Jannah, F., & Basid, A. (2023). Gold Generation Perspektif Filsafat Pendidikan Realis-Naturalisme. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1831-1837. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1601
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 nasywaanovanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





