Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam dan Peran Pemimpin dalam Lembaga Pendidikan Islam

DOI: https://doi.org/10.26618/624kne28

Authors

  • Agil Husain Abdullah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aripuddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurkhalishah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sumiati

Kepemimpinan, Lembaga Pendidikan Islam, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk manusia beriman, berilmu, dan berakhlak mulia. Dalam proses tersebut, kepemimpinan menjadi faktor penentu arah, kualitas, dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepemimpinan dalam konteks pendidikan Islam dan peran pemimpin dalam manajemen lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan melalui telaah terhadap literatur yang relevan mengenai kepemimpinan dan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa landasan utama kepemimpinan Islam bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah yang menekankan prinsip ‘adl (keadilan), amanah (kepercayaan), syūrā (musyawarah), serta uswah hasanah (keteladanan). Dalam lembaga pendidikan Islam, pemimpin memiliki peran strategis sebagai pengarah visi, pengambil keputusan, motivator, pembina moral, serta jembatan antara lembaga dan masyarakat. Gaya kepemimpinan yang efektif seperti transformasional, partisipatif, visioner, dan servant leadership perlu diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam untuk membentuk sistem manajemen yang berorientasi pada pembinaan akhlak dan peningkatan mutu pendidikan. Secara keseluruhan, keberhasilan lembaga pendidikan Islam sangat bergantung pada kualitas kepemimpinan yang berkarakter Islami, berorientasi pada pelayanan, dan berkomitmen terhadap nilai-nilai keadilan, kejujuran, dan tanggung jawab.

References

Abdurrahman, M. (2017). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.

Al-Ghazali. (2008). Ihya’ Ulum al-Din. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Maududi, A. A. (1980). Khilafah dan Kerajaan: Pemerintahan Menurut Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Mawardi, A. (1996). Al-Ahkam as-Sultaniyyah. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

As’ad, M. (2020). Kepemimpinan Visioner dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Greenleaf, R. K. (2002). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. New York: Paulist Press.

Hasan, N. (2018). Etika Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. Bandung: Alfabeta.

Husaini, U. (2016). Kepemimpinan dan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Northouse, P. G. (2019). Leadership: Theory and Practice (8th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Qomar, M. (2018). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2015). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Suyatno. (2020). Tantangan dan Inovasi Kepemimpinan Pendidikan Islam di Era Digital. Malang: UIN Press.

Syafi’i, A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Islam: Nilai dan Keteladanan Rasulullah SAW. Malang: UIN Press.

Syukri, A. (2016). Model Kepemimpinan Rasulullah SAW dan Implementasinya dalam Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Zamroni, A. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Downloads

Published

2025-12-05