Kurikulum Pendidikan Islam Integratif: Menghubungkan Ilmu Agama dan Ilmu Modern
Kurikulum integratif, Pendidikan Islam, Ilmu agama, Ilmu modern
Abstract
Kurikulum pendidikan Islam integratif merupakan salah satu gagasan penting dalam menjawab persoalan dikotomi antara ilmu agama dan ilmu modern yang hingga kini masih menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan Islam. Di banyak lembaga pendidikan, pemisahan dua ranah ilmu ini sering melahirkan dualisme pola pikir, di mana ilmu agama dipandang hanya sebagai sumber nilai moral dan spiritual, sementara ilmu modern dianggap sebagai sumber keterampilan praktis untuk menjawab kebutuhan zaman. Kondisi ini tidak hanya menimbulkan ketidakseimbangan dalam sistem pendidikan, tetapi juga menghambat lahirnya generasi Muslim yang utuh, yakni mereka yang mampu menggabungkan keunggulan iman, ilmu, dan amal dalam kehidupan sehari-hari.
Kurikulum integratif hadir sebagai solusi untuk menghubungkan kedua ranah tersebut secara harmonis. Integrasi ini tidak dimaksudkan untuk meleburkan secara paksa, melainkan menemukan titik temu epistemologis dan metodologis sehingga ilmu agama dan ilmu modern saling melengkapi. Dengan model ini, pembelajaran agama dapat dikontekstualisasikan dengan perkembangan sains, teknologi, dan sosial, sedangkan penguasaan ilmu modern dipandu oleh nilai-nilai etika, moral, dan spiritual Islam. Hasilnya adalah sistem pendidikan yang lebih relevan, adaptif, dan holistik dalam membentuk karakter sekaligus kompetensi akademik peserta didik.
Artikel ini menegaskan bahwa keberhasilan kurikulum pendidikan Islam integratif sangat ditentukan oleh desain kurikulum yang visioner, kesiapan tenaga pendidik, serta dukungan kelembagaan yang konsisten. Dengan demikian, kurikulum ini dapat menjadi landasan strategis dalam mencetak generasi Muslim yang berdaya saing global tanpa kehilangan identitas keislamannya.
References
Abdullah, M. A. (2020). Islam dan sains dalam perguruan tinggi Islam (Paradigma integrasi-interkoneksi). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press. (Lihat juga kajian aplikasi integrasi-interkoneksi di UIN Sunan Kalijaga).
Abdurrahman, M. (2021). Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia.
al-Attas, S. M. N. (1993). Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC.
al-Faruqi, I. R. (1982). Islamization of Knowledge: General Principles and Work Plan. Herndon, VA: IIIT. (Edisi PDF daring).
Azra, A. (2020). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana.
Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. 4th ed. Thousand Oaks: SAGE.
Hashim, R. (2019). Rethinking Islamic Education in the Era of Globalisation. Kuala Lumpur: IIUM Press.
Hidayat, A. (2022). “Kurikulum Integratif dalam Pendidikan Islam: Antara Konsep dan Implementasi.” Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 145–162.
Khowaja, J. (2024). “Ismail Raji al-Faruqi’s Islamization of Knowledge: A Critical Analysis.” Dalam Islam—Perceptions and Perspectives (pp. 44–58). Bazm-e-Tahqeeq.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasr, S. H. (2019). Science and Civilization in Islam. Kuala Lumpur: Islamic Book Trust.
Rahman, F. (2019). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: University of Chicago Press.
Riyanto, W. F. (2024). “Integrative-Intersubjective Type of Islamic Law Studies: The Contribution of M. Amin Abdullah’s Paradigm.” Asy-Syir’ah, UIN Sunan Kalijaga.
Tharaba, M. F. (2021). The science integration of Ulu al-Albab perspective. UIN Maulana Malik Ibrahim Repository.
UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education. Paris: UNESCO Publishing.
Yunus, M. T., dkk. (2021). “Integrasi agama dalam pembelajaran sains di madrasah.” Jurnal (studi kasus Madrasah Aliyah), menunjukkan praktik integrasi pada biologi/fisika/kimia dan tantangan implementasinya.
Zainuddin, A. (2023). “Menghubungkan Sains Modern dengan Spiritualitas Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi.” Journal of Islamic Education Studies, 15(1), 33–47.
Zed, M., & tim peneliti. (2021). “Manajemen kurikulum integrasi di madrasah.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2). (Studi praktik dan hambatan manajerial integrasi kurikulum).
Dokumen
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. (2013). Pedoman Integrasi Keilmuan UIN Alauddin Makassar. Makassar: Rektor UIN Alauddin
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. (2009). “UIN Alauddin dan Visi Integrasi Ilmu.” Tulisan Resmi UIN Alauddin Makassar.
Integration of Islamic Studies and Sciences: Study of the Implementation and Practice of Scientific Integration at UIN Alauddin Makassar. (2022). IJMRA, 5(03).
International Islamic University Malaysia (IIUM). (t.t.). Vision & Mission—Integrates Islamic revealed knowledge and values in all academic disciplines. Diakses 2025
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sitti Nadirah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.