STUDI PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA ASRAMA DAN NON ASRAMA DI SMP UNISMUH MAKASSAR

Rusli Malli, Firda Firda, Wahdaniya Amrullah

Abstract


Perbandingan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam antara Siswa Asrama dan Non Asrama di SMP Unismuh Makassar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prestasi belajar terhadap pendidikan agama Islam yang asrama dan non asrama di SMP Unismuh Makassar, Untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar belajar terhadap pendidikan agama Islam yang asrama dan non asrama di SMP Unismuh Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah motode kuantitatif dan jenis penelitiannya yaitu penelitian komparatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Unismuh Makassar sedangkan pengambilan sampel penelitian ini di lakukan secara random sampling.Jadi, sampel penelitian ini sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa asrama dan 35 siswa non asrama.Teknik pengumpulan data dengan mengunakan observasi, dokumentasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametris.Statistik parametris ini teknik analisis komprasional Uji Beda (t-Test) sampel bebas (Independent T-Test).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar terhadap pendidikan agama Islam yang asrama dan non asrama di SMP Unismuh Makassar. Prestasi belajar siswa asrama mencapai nilai rata-rata 85,25 dan siswa non asrama 84,2 sedangkan berdasarkan angket siswa asrama mendapatkan skor 75,8 dan siswa non asrama 73. Adapun berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data di dapat Ha diterima dan HO ditolak, yaitu ternyata thitung sebesar 8,75 dan dibandingkan dengan α=0,01ttabel (2,382) maka t hitung (8,75) > t tabel (2,382).Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa asrama dan non asrama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan nilai rapor. Analisis dari hasil perbandingan ternyata siswa asrama lebih tinggi nilai rata-rata berdasarkan rapor dan skor dari hasil angket sedangkan hasil dari hipotesis Ha diterima dan HO ditolak.

Kata Kunci: Prestasi Belajar; PAI; Asrama dan Non Asrama

Full Text:

PDF

References


Al-qur’an dan Terjemahnya

Amin Rifqi, 2015. Pengembangan Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: PT LKIS Printing Cemerlang

Arief Sadiman,(dkk), 2011. Media pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatanya, (Jakarta:Rajawali Pers)

Djaali, 2012. Psikologi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara Djamarah, Syaipul Bahri, 2002. Psikologi

Fahirah, 2016.’’Perbandingan Hasil Belajar Fikih Antara Yang Mengunakan Media Visual Dan Yang Mengunakan Media Audiovisual Pada Murid Kelas V Min Bonto Langkasa Kab.Pangkep’’.Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Alauddin Makassar.

Fatimah, F., & Malli, R. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Sikap Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 91-99.

Fikri, M., & Ferdinan, F. (2017). Peranan Manajemen Boarding school Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 43-52.

Gunawan Heri, 2012 Kurikulum Dan Pengembangan Pendidikan Agama Islam, Bandung

Hernawati. 2013. ‘’Perbandingan Hasil belajar ,Matematika Siswa Yang Belajar Pagi Dan Siang Hari Pada Kelas VIII SMP Negri 2 Barombong Kabupaten Gowa.

Kami Spuma–Kami Bangga Labschoolsmpunismuh.eys.es/about/, diakses pada 19 September 2018

Mawardi, A., Ondeng, S., Hanafy, M. S., & Yaumi, M. (2018). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Prestasi Akademik Dosen terhadap Mutu Pembelajaran. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 93-110.

Mursyid Fikri, 2017.’’Peranan Manajemen Boarding School Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam’’. Skripsi: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Unismuh Makassar

Mustamin. 2015. ‘’Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Dalam Berbahasa Inggris Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) DDI Galesong Baru Makassar’’. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Alauddin Makassar.

Nurohman, Studi Komparasi Prestasi Belajar PAI Antara Aktivis Rohis Dengan Aktivis Biz Variz Di SMA Semesta Bilingual Boording School Gunung Pati Semarang Tahun 2014/2015. Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. http//: eprints .Walisongo. ac.id diakses pada tanggal 7 Desember 2018

Ramayulis, 2014.Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta;Kalam Mulia

Sadullah, Uyoh, Dkk,2010.Pedagogik (ilmu mendidik),Bandung; Alfabeta Sardiman, 2012.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar , Jakarta: PT Raja Grafindo

Setiawan Irfan, 2013. Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik pada Institusi Pendidikan Berasrama, Yogyakarta: Smart Writing

Setyosari, Punaji. 2016 Metode Penelitian Pendididkan & Pengembangan, Jakarta

Slameto, 2014.Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. h. 56

Sugiyono, 2006.Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta

Sugiyono, 2010.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung; Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian, Bandung; Alfabeta

Sumiati, S. (2017). Menjadi Pendidik Yang Terdidik. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 81-90.

Syaodih Nana Sukmadinata,2011.Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Rosda karya

Tohirin, 2014.Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta; Rajawali Pers

Umar Bukhari, 2017. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional , (Jakarta; Sinar Grafika, 2016) h. 3

Utsman Rachman, Fathor,2015. Panduan Statistik Pendidikan, Jokjakarta Wahab Rohmalina, 2016. Psikologi Belajar, Jakarta; Rajawali Pers

Widya Ruswan. 2014.Perbandingan Minat Belajar Dankemandirian Antara Mahasiswa Yang Tinggal Bersama Keluarga Dan Mahasiswa Yang Tinggal Tidak Bersama Keluarga Pada Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Makassar. Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.