TRIPUSAT PENDIDIKAN

Henni Sukmawati

Abstract


Abstrak

Pendidikan manusia sebagai makhluk susila, pendidikan swasta yang bernafaskan akademik maupun yang menyiapkan keterampilan kerja dibekali pula dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai dasar negara. Pendidikan manusia sebagai makhluk sosial pendidikan kemasyarakatan baik secara langsung dan tidak langsung, ditumbuh kembangkan sebagai makhluk susila yang mampu menciptakan kehidupan bersama secara bertanggung jawab untuk mencapai kesejahteraan sosial yang dinamis.

Pendidikan manusia sebagai makhluk religius, maka pendidikan kemasyarakatan baik yang dilakukan keluarga, kursus-kursus atau lembaga swasta lainnya khusunya yang bernafaskan keagamaan dapat memberikan pembekalan yang berhubungan dengan masalah keagamaan.

Pendidikan kemasyarakatan  merupakan suatu hal yang turut berperan dalam memperluas dan mempercepat tujuan pendidikan yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, Peran masyarakat selain menciptakan suasana yang dapat menunjang pendidikan nasional, ikut menyelenggarakan pendidikan non-pemerintah (swasta), membantu pengadaan tenaga, biaya, sarana dan prasarana

Kata kuci :linglungan, sekolah, masyarakat, otoriter, demokratis, permisif, emotional quotient

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati¸ Ilmu Pendidikan (Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1991)

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam I (Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997),

Nawawi, Hadari, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas sebagai Lembaga Pendidikan (Jakarta: Gunung Agung, 1985)

------------------, Pendidikan dalam Islam (Cet. I; Surabaya: Al-Ikhlas, 1993).

Getteng, Abd. Rahman, Pendidikan Islam Dalam Pembangunan (Ujung pandang: Yayasan al-Ahkam, 1997)

Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Kependidikan (Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1991)

Koncaraningrat, Pengantar Antropologi (Jakarta: Penerbit Universitas, 1959)

Linton, Ralph, The Study of Man Introduction Student’s Edition, Appleton (New York: Century Crofts inc., 1936)

Muhaimin dan Abd. Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis Kerangka Dasar Operasionalnya (Cet. I; Bandung: Tirgenda Karya, 1993)

Muthahhari, MurtadhaSociety and History diterjemahkan oleh M. Hashem dengan judul, Masyarakat dan Sejarah (Cet. V; Bandung: Mizan, 1995)

Purwanto, M.Ngalim Ilmu Pendidikan teoritis dan praktis, Cet. XVIII; Bandung: Remaja Rosdakarya,2005

Muhammad ‘Abd al-’Aliy, the Family Structure in Islam (Maryland: International Grafic Printing Service, t.th

Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an (Cet. XV; Bandung: Mizan, 1997)

Munir al-Mursiy Sarhan, fi Ijtimaiyyat al-Tarbiyyah (Cet. II; al-Qahirah: Maktabah al-Anjlu al-Mi¡riyyah, 1978)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.