PERAN PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PAI TERHADAP PEMBINAAN AHLAK ANAK BINAAN DI DESA TAENG KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Nurqalbi Nurqalbi, Rusli Malli, Nurhidaya M.

Abstract


Peran pengurus himpunan mahasiswa jurusan dalam pembinaan akhlak anak dapat dilakukan dengan cara membimbing, mengarahkan dan memberi contoh yang baik dan mampu menjadi teladan pada anak. Pembinaan akhlak merupakan hal yang paling penting dan sangat mendesak untuk dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas hidup masa depannya. Pembinaan akhlak anak sangat penting karena mengingat secara psikologi usia anak 6-8 tahun adalah usia yang berada dalam goncangan dan mudah terpengaruh sebagai akibat dari keadaan dirinya yang masih belum memiliki bekal pengetahuan, mental dan pengalaman yang cukup. Akibat dari keadaan yang demikian, para anak rentan mudah terjerumus yang menghancurkan masa depannya. Sehingga peran pengurus himpunan mahasiswa jurusan pendidikan agama islam membantu dalam mengarahkan anak untuk masa depannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Himpunan Mahasiswa; Organisasi Mahasiswa; Pembinaan Akhlak Anak.


Full Text:

PDF

References


Bungin Burhan. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu sosial lainnya. 2007,KencanaPrenada Media Group, Jakarta

Dani, F., & Mawardi, A. (2019). POLA PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTS. MUHAMMADIYAH CAMBAJAWAYA DESA SENGKA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA. PILAR, 10(2).

Engkoswara & Komariah Aan, Administrasi Pendidikan Cet. III. 2012, Bandung: Alfabeta

Gunarsa , Y,S. D,Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001

Hamid Abu Muhammad al-gazali,Ihya ulum Al-Din,Juz III, Bairut:Dar a;-Fkr t.th,

Malli, R. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Sarak (Syariat) Sebagai Unsur Pangngadakkang (Tradisi) Bagi Masyarakat Gowa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 182-201.

Nata Abuddin, Manajemen pendidikan mengatasi kelemahan kelemahan pendidikan islam di Indonesia, Cet. IV, 2010: Jakarta: Kencana

Nurhaeni, D. S., & AR, A. M. F. (2019). PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DALAM MENGATASI PROBLEM SISWA DI SMP NEGERI 1 SINJAI. PILAR, 10(2).

Muslimin, A. A., & Mutakallim, M. (2019). Kreativitas dalam Pembelajaran. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(01), 72-85.

Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 132-147.

Prastowo Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. 2011, Jogjakarta: Ar-ruz Media Pwk10gaul.blogspot.com/2011/ Di akses tanggal 31 Desember 2019

Saenab, S., Muslimin, A. A., & Abdullah, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG. PILAR, 10(2).

Siswoyo D ,Ilmu Pendidikan , Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Sugiyono,MetodePenelitianAdministrasi., 2006, Bandung: Alfabet

Syaohdin Nana Sukmadinata, MetodePenelitianPendidikan, 2010 Bandung : RemajaRosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.