Pengaruh Nilai-Nilai Kearifan Lokal Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bulukumba
Abstract
This research aimed to determine the influential value to the performance of employees. The type of research was quantitative descriptive. The population and sample used saturated sample technique so the sample in this research were 93 people. ((The data and documentation and developed by interviewing respondents)). The data collection was done by distributing questionnaires to respondents. The analysis tools used simple regression. The results of the research showed that the value of local wisdom has a positive and insignificant effect. This is evidenced by the results of the regression value of positive 0.089 with a significant level of 0.592 greater than 0.05. This results is reinforced by the results of the determination coefficient test of 0.073 or 7.3% of the contribution of the value of local wisdom to the performance of employees in the population service office and civil enumeration in Bulukumba Regency. While 92.7% was influenced by other factors that were not examined in this research.
Key word: Nilai-Nilai Kearifan Lokal, Kinerja Pegawai
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Popolasi dan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 93 orang. Data dan dokumentasi serta dikembangkan dengan wawancara terhadap responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Alat analisis menggunakan Regresi Sedehana. Hasil penelitian menunjukkan nilai kearifan lokal berpengaruh secara positif dan tidak signifikan”. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai regresi sebesar positif 0,089 dengan tingkat signifikan 0,592 lebih besar dari 0,05. Hasil ini diperkuat dengan hasil uji kofisien determinasi sebesar 0,073 atau 7,3 % kontribusi nilai kearifan lokal terhadap kinerja pegawai di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulukumba. Sedangkan 92,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian kali ini.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Kearifan Lokal, Kinerja Pegawai
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Ma’ruf. 2015, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Aswaja pressindo.
Faozan dkk. 2001. Pelayanan publik Dan Customer Satisfaction, Bandung: PT. ALUMNI.
Gasperz, Vincent. 2002, ISO 9001:2000 And Continual Quality Improvement, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hardiyansyah. 2011, Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya, Yogyakarta: Gava Media.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Nasution, Nur. 2002. Manajemen Mutu Terpadu (TQM), Edisi Kedua, Ciawi: Ghalia Indonesia.
Rafiq Muhammad, Aswin Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol.01. No.02, Juli 2015 Analisis dampak penerapan manajemen mutu ISO 9001: 2008 terhadap kualitas pelayanan akademik perguruan tinggi di Bandar lampung
Sugiyono, 2017 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D cetakan ke-25, Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2005. Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta: ANDI
DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v4i3.1649
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
Indexing