INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI UP3SK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PINRANG

Hamdam Hamdam, Akmal Ibrahim, Muh Tang Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pelayanan publik melalui UP3SK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu untuk menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Metode penelitian ini dianggap mampu menjelaskan penelitian ini secara mendalam. Fokus penelitian ini pada teori atribut inovasi oleh Rogers yaitu: Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compatibility (kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), Observability (Kemudahan Diamati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik melalui UP3SK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang dapat dilihat berdasarkan atribut inovasi menurut Rogers. Pada atribut relative advantage diketahui bahwa keuntungan dari adanya inovasi pelayanan UP3SK adalah meminimalisir praktek percaloan dan lebih memudahkan masyarakat. Pada atribut compatibility menjelaskan bahwa inovasi pelayanan UP3SK sesuai dengan keinginan masyarakat dalam proses pengurusan dokumen yang lebih mudah. Atribut complexity menjelaskan bahwa tidak ada kerumitan dalam pengurusan dan juga dalam proses pelayanan UP3SK. Namun ada beberapa kendala yaitu belum lengkapnya sarana dan prasarana dalam proses pelayanan UP3SK, serta tidak jelasnya aturan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dalam pelaksanaan pelayanan UP3SK. Atribut triability juga menjelaskan bahwa tidak adanya fase uji coba kepada masyarakat dalam pelayanan UP3SK. Hanya ada percobaan teknis di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Pada atribut observability menunjukkan bahwa selama pelayanan UP3SK berjalan, telah sesuai dengan keinginan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang yakni untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen penting dan meminimalisir percaloan atau pungutan liar.


Keywords


Inovasi, Pelayanan Publik, UP3SK

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Muh. Tang. 2016. Inovasi Pemerintahan Daerah : (Studi Inovasi Penyelenggaraan Urusan Pendidikan di Kabupaten Gowa), Disertasi: FIA Universitas Brawijaya.

Angraeny. 2013. Jurnal kebijakan dan Manajemen Publik. vol. 1. no. 1.

Dhewanto Wawan dkk. 2014. Manajemen Inovasi. Yogyakarta. Penerbit: Andi Offset.

Dwiyanto, Agus. 2015. Manajemen Pelayan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi. kedua. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta. Penerbit: Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Penerbit: PT Remaja Rosdakarya.

Mulgan, G & Albury, D. 2003. Innovation in the Public Sector. Working paper version 1.9. October, Strategy Unit UK Kabinet Office.

Mulyadi Deddy, Gedeona Hendrikus dan Nur Muhammad. 2016. Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Bandung. Penerbit: Alfabeta.

Noor, Irwan. 2013. Desain Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang. Penerbit: UB Press.

Pauzi, Rizal. 2018. Inovasi Penataan Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Maros. Tesis: FISIP Universitas Hasanuddin.

Putera Prakoso, dkk. 2014. Kebijakan Inovasi di Daerah. Jakarta. Penerbit: LIPI Press.

Putra, Fadhilla. 2012. New Public Governance. Malang: UB Press.

Rahayu, Ami. 2015. Manajemen Perubahan dan Inovasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Indonesia (UI-Pers).

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sangkala. 2014. Innovative Governance : Konsep dan aplikasi. Surabaya. Capiya Publishing.

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Steelman, Toddi A. 2010. Implementing innovation: fostering enduring change in environmental and natural resource governance, Washington: Georgetown University Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Penerbit: Alfabeta.

Sumarto, Hetifah Sj. 2009. Inovasi, Partisipasi dan Good Governance. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Reifika Aditama.

Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta : STIA-LAN Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v6i2.4046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Visitors

 

Indexing