PERILAKU BIROKRASI DALAM PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BONE

Henriawansah Henriawansah, Nuryanti Mustari, Samsir Rahim

Abstract


The purpose of this study was to determine the Behavior Bureaucracy In Birth Certificate Services in the Office of Population and Civil Registration Bone regency.This type of research used in this research is descriptive and qualitative analysis of the data used is Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing / Verification (Conclusions and Verification). While data collection techniques used by researchers is the observation, interviews and documents. The results showed that the behavior is bureaucracy in the Ministry of Birth Certificate not comply with the Public Service Act Number 25 of 2009 on Implementation Public service, as an employee: a) fair, b) Professionals, c) Use the facility with good service, d) Use the authority / Position appropriately. e) In accordance with standard operating procedures (SOP).

 

Keyword: Behavioral Bureaucracy, Birth Certificate Service

 

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisa data yang digunakan adalah  reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perilaku Birokrasi dalam Pelayanan Akta Kelahiran belum mengacu pada  Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009  tentang  Penyelenggaraan Pelayanan Publik, yang harus memiliki perilaku adil, profesional, menggunakan fasilitas pelayanan dengan baik, menggunakan jabatan atau kewenangan dengan tepat,  sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)

 

Kata Kunci : Perilaku Birokrasi, Pelayanan Akta Kelahiran

 

 


Full Text:

PDF

References


Anggara, Sahya, 2012. Ilmu Administrasi Negara. Bandung : CV. Pustaka setia

Boediono, 2003.Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta

Kurniawan, agung, 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaharuan

Maskur. 2001. Manajemen Pelayanan dan Pemasaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Musa, Mohammad. 2000 Manajemen Kualitas dan Kompetitif. Jakarta: Fajar Agung

Moenir , H.A.S, 2008. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik

Robbins, S. 2003. Teori Organisasi, Struktur dan Desain dan Aplikasi. Jakarta: Arcan

Sinambela, Lijan Poltak, dkk, 2008. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan Dan Implementasi). Jakarta : Bumi aksara

Sutarto, 2002. Dasar-Dasr Organisasi, Gadja Mada University Press. Yogyakarta

Taliziduhu, Ndhara. 2000. Ilmu Pemerintahan I. BKU IIP. Jakarta

Thoha, Miftah. 2005. Perilaku Organisasi Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v2i3.882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



View Visitors

 

Indexing