PERILAKU BIROKRASI DALAM PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BONE
Abstract
The purpose of this study was to determine the Behavior Bureaucracy In Birth Certificate Services in the Office of Population and Civil Registration Bone regency.This type of research used in this research is descriptive and qualitative analysis of the data used is Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing / Verification (Conclusions and Verification). While data collection techniques used by researchers is the observation, interviews and documents. The results showed that the behavior is bureaucracy in the Ministry of Birth Certificate not comply with the Public Service Act Number 25 of 2009 on Implementation Public service, as an employee: a) fair, b) Professionals, c) Use the facility with good service, d) Use the authority / Position appropriately. e) In accordance with standard operating procedures (SOP).
Keyword: Behavioral Bureaucracy, Birth Certificate Service
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Akta Kelahiran di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bone.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perilaku Birokrasi dalam Pelayanan Akta Kelahiran belum mengacu pada Undang-Undang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik, yang harus memiliki perilaku adil, profesional, menggunakan fasilitas pelayanan dengan baik, menggunakan jabatan atau kewenangan dengan tepat, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)
Kata Kunci : Perilaku Birokrasi, Pelayanan Akta Kelahiran
Full Text:
PDFReferences
Anggara, Sahya, 2012. Ilmu Administrasi Negara. Bandung : CV. Pustaka setia
Boediono, 2003.Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, agung, 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaharuan
Maskur. 2001. Manajemen Pelayanan dan Pemasaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Musa, Mohammad. 2000 Manajemen Kualitas dan Kompetitif. Jakarta: Fajar Agung
Moenir , H.A.S, 2008. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara
Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik
Robbins, S. 2003. Teori Organisasi, Struktur dan Desain dan Aplikasi. Jakarta: Arcan
Sinambela, Lijan Poltak, dkk, 2008. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan Dan Implementasi). Jakarta : Bumi aksara
Sutarto, 2002. Dasar-Dasr Organisasi, Gadja Mada University Press. Yogyakarta
Taliziduhu, Ndhara. 2000. Ilmu Pemerintahan I. BKU IIP. Jakarta
Thoha, Miftah. 2005. Perilaku Organisasi Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v2i3.882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
Indexing