Tata Laksana E-Procurement Di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan

Nur Ikhsan, Andi Nuraeni Aksa, Adnan Ma'ruf

Abstract


The main purpose in this research is implementation understanding of E procurement also understand of supporting and E procurement obstacle factor in the pangkep district. E-procurement is an innovation in the use of Information Technology for the benefit of public services. Based on this, researchers are encouraged to try to explain the implementation of E-procurement in the Pangkep district. Amount of informan in this research are five people. type of research is qualitative with kind of fenomenology research which is focused on human living experiences. Collecting data technique are using observation method, interview and documentation. Data analysis using interactive analysis models. Research result refers to unoptimalitation of E procurement implementation in the Pangkep district. This implementation seen by the stage of the E procurement aspect altough appropriated absolutely unaccomplished. In accordance with the implementation exist in president regulation in article 107 year 2010 number 54. This can be seen indicator (1) E-tendering (2) E-bidding (3) E-catalogue and(4) E-purchasing. Supporting factor in this implementation is strategy of loyalty provider whereas obstacles are divergents and postponement.

 

Key word: E-service, Job Fair, Pangkep Regency.

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Tata Laksana E-procurement dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat E-procurement di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. E-procurement merupakan suatu inovasi dalam pemanfaatan Teknologi Informasi untuk kepentingan pelayanan publik. Berdasarkan hal tersebut peneliti terdorong untuk mencoba menjelaskan Pelaksanaan E-procurement di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 05 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi yaitu menekankan pada subyektivitas pengalaman hidup manusia. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model analisa interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan E-procurement di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan belum sepenuhnya terlaksana dengan optimal hal ini  dilihat dari aspek tahapan E-procurement dimana penyedia yang meskipun telah sesuai dengan prosedur namun belum sepenuhnya berhasil dalam melaksanakan tahapan E-procurement sesuai dengan tujuan yang terdapat dalam Peraturan Presiden No. 54 tahun 2010 pasal 107. hal ini dilihat dari indikator (1) E-tendering (2) E-bidding (3) E-catalogue dan (4) E-purchasing. Faktor Pendukung dalam pelaksanaan ini adalah Strategi dan Loyalitas penyedia sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah penyimpangan dan penundaan.

Kata Kunci: Tata Laksana, E-Procurement, Kabupaten Pangkep.


Keywords


E-service, Job Fair, Pangkep Regency

Full Text:

PDF

References


Engstorm, Anne et. al.. (2009). “Implementation of Public E-Procurement in Swedish Government Entities”. Proceedings of the International Multiconference on Computer Science and Information Technology.

Handayani Ningrat. 2002. Admnistrasi Pemerintahan Dalam Pembagunan Nasional. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Indrajit, Richardus, Eko. 2002. Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Mustari, Nuryanti.2013. Implementasdi kebijakan publik, Pemahaman teoritis Empiris.Makassar: Membumi Publishing.

Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah.

Rianto, Budi., Tri Lestari. 2012. Polri & Aplikasi E-Government dalam Pelayanan Publik. Surabaya: CV. Putra Media Nusantara (PMN).

Siagian, Sondang (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta

Suratman. 2017. Generasi Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. Makassar: Copiya Publishing.

Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisis Kebijakan dari formulasi ke penyusun Model-model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, 2012. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v4i3.1647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KOLABORASI : JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK



 

 

______________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats
 
Flag Counter