ETIKA PELAYANAN ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA

Sulaehah Sulaehah, Amir Muhiddin, Nurbiah Tahir

Abstract


Etika pegawai merupakan wujud kontrol dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan kewenangan sehingga pegawai harus menjadikan etika pegawai sebagai pedoman dalam menjalankan tugasnya sehingga dapat mewujudkan pelayanan administrasi yang baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Etika Pelayanan Administrasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Kecamatan Bontomaraanu Kabupaten Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jumlah informan 7 orang yang dipilih secara purposive. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Etika Pelayanan Administrasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Kecamatan Bontomaraanu Kabupaten Gowa menunjukkan bahwa dari segi Persamaan sudah dilaksanakan secara maksimal tanpa adanya membeda-bedakan. Keadilan dalam hal ini pegawai melayani masyarakat dengan ramah, semua masyarakat diberlakukan sama. Kesetiaan dalam hal ini masih ada pegawai yang datang terlambat terkhusus pegawai perempuan IRT. Tanggung jawab yang diberikan dalam pelayanan sudah berjalan dengan baik, terkait pegawai di Kantor Kecamatan Bontomaraanu Kabupaten Gowa.

Keywords


Ethics, Administrative Services, Service Quality

Full Text:

PDF

References


Al Halbusi, H., Williams, K. A., Ramayah, T., Aldieri, L., & Vinci, C. P. (2021). Linking ethical leadership and ethical climate to employees’ ethical behavior: the moderating role of person–organization fit. Personnel Review, 50(1), 159–185.

Ilhamsyah, P., & Nuhari, I. (2024). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Dampak dan Tantangan dalam Implementasi Administrasi Publik yang Efektif. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 5(2), 1463–1476.

Kusmawati, W. E., Ghojaji, A. D., Eramansyah, M. G., Putri, R. E., Istianah, S., Asbari, M., & PURWANTO, A. (2022). Pancasila based character education to form good and smart citizens. Journal of Community Service and Engagement, 2(4), 11–18.

Maswati, R. (2023). Bureaucratic Pathology in Public Services at The Office of the Department of Population and Civil Registration of Supiori District. Pasundan Social Science Development, 3(2).

Setyasih, E. T. (2023). Creating an Effective Bureaucracy by Reducing Bureaucratic Pathology in Local Governments. Influence: International Journal of Science Review, 5(1), 137–143.

Svara, J. H. (2021). The ethics primer for public administrators in government and nonprofit organizations. Jones & Bartlett Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan