Efektivitas Layanan Pajak Pada Kantor Pelayanan Penyuluhan Dan Konsultasi Perpajakan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar

Yusni Farida, Muhlis Madani, Nurbiah Tahir

Abstract


Thisbstudy aimed to find out the effectiveness of tax services at the tax counseling and counseling service office for the Selayar Islands Regency. This study used a qualitative method. Data collection techniques were observation, interviews, and documentation. The informants in the study consisted of 6 (six) people. The results of this study showed that 1) Achievement of goals. whereKP2KP Benteng provided good service in accordance with the SOP issued by the directorate general of taxes. 2) Integration, socialization carried out by KP2KP Benteng in accordance with operational technical instructions and carried out quite well, in order to provide understanding to taxpayers regarding the rights and obligations of taxpayers, 3) Adaptation, facilities and infrastructure at KP2KP Benteng were adequate enough to assist the service process well, but the service was still often hampered by the usual network that was often disconnected due to the lights that often turn off but this could be handled properly.

Keywords: Effectiveness, Tax, Service


Full Text:

PDF

References


Abdiansyah, M. A., Ningrum, S., & Pancasilawan, R. (2019). Efektivitas Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Dalam Menghasilkan Undang-Undang Pada Tahun Sidang 2016–2017.Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, Vol. 3 No. 1.

Deviyana, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Jatinegara). Universitas Widyatama.

Handayani, R. (2018). Pengaruh Pemeriksaan Pajak, Sanksi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada 5 Kantor Pelayanan Pajak Di Jawa Barat). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

Jumarianto, J. (2017). Efektivitas Pelayanan Publik Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 (Studi Penelitian Pada Kantor Kecamatan Barambai Kabupaten Barito Kuala).LEGALITAS, Vol.1 No. 2.

Lubis, jenni purnama. (2020). Efektivitas Program Samsat Keliling Dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Upt Kota Pinang. universitas muhammadiyah sumatra utara.

Madjid, O., & Kalangi, L. (2006). Efektivitas Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran Dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis,Dan Akuntansi, Vol.3 No. 4.

Purnaditya, R. R., & Rohman, A. (2015). Pengaruh pemahaman pajak, kualitas pelayanan dan sanksi pajak terhadap kepatuhan pajak (Studi Empiris Pada WP OP yang Melakukan Kegiatan Usaha di KPP Pratama Semarang Candisari). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Wulandari, U., & Simon, H. J. (2019). Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuangan.Publik, Vol. 5 No. 1.

YOGA, A. S. (2019). Efektivitas Layanan E-Samsat Riau Dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Provinsi Riau (Studi Kasus Upt Pengelolaan Pendapatan Simpang Tiga Bapenda Provinsi Riau). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Zulfikri, Z., & Abdul, N. (2020). Efektivitas Peran Account Representative Dalam Pengawasan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Menengah. Universitas Bina Darma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan