ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN BATANG

Duta Carisma Danna, Kismartini Kismartini

Abstract


Peningkatan jumlah penduduk dari tahun ke tahun tentu akan berdampak terhadap peningkatan volume sampah yang dihasilkan. Permasalahan sampah menjadi isu utama bagi sebuah kota. Kabupaten Batang setiap tahun selalu mengalami kenaikan jumlah volume sampah. Apabila dalam pelayanan pengelolaan sampah tidak dilakukan dengan baik, maka dikhawatirkan akan terjadi penumpukan timbunan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk analisis kualitas pelayanan Dinas Lingkungan Hidup dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Batang. Apakah kualitas pelayanan yang diberikan tersebut sudah sesuai dengan harapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan berdasarkan observasi, pengamatan langsung dan studi pustaka dari beberapa sumber. Berdasarkan hasil penelitian ini, kualitas pelayanan pengelolaan sampah di Kabupaten Batang belum berjalan dengan baik. Terdapat dimensi yang sudah dinilai cukup baik yaitu assurance dan empaty. Namun, masih terdapat dimensi  kualitas pelayanan yang perlu diperhatikan dan diperbaiki yaitu tangibles, reability, responsiveness.


Keywords


kualitas pelayanan, pengelolaan sampah, partisipasi masyarakat

Full Text:

PDF

References


Darmasaputra, Aditya B. dan Haryani, Diah. (2020). Implementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Batang. Journal of Public Policy and Management Review Vol. 9 No. 1

Dermawan, Lahming dan Mandra M. A. S. (2018). Kajian Stategi Pengelolaan Sampah. Jurnal ENM Environmental Journals. Vol. 1 No. 3

Gloria. (2017). Penduduk Indonesia mencapai 305,7 Juta di Tahun 2035. Universitas Gajah Mada. Retrieved June 13, 2021 from

https://ugm.ac.id/id/berita/14575-penduduk-indonesia-mencapai-305-7-juta-di-tahun-2035

Harjanti, M. I. dan Pratamaningtyas, A. (2020). Pengelolaan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir Jatibarang, Kota Semarang. Jurnal Planologi Vol. 17 No. 2

Kahfi, A. (2017). Tinjauan terhadap Pengelolaan Sampah. Jurisprudentie Vol. 4 No. 1

Lukmono, A. (2021). Pemkab Harap Kawasan Industri Terpadu Batang Buta TPA Sendiri. Ayo Semarang. Retrieved June 13, 2021 from

https://www.ayosemarang.com/read/2021/04/29/76154/pemkab-harap-kawasan-industri-terpadu-batang-buat-tpa-sendiri

Mahyudin, R. P. (2017). Kajian Permasalahan Pengelolaan Sampah dan Dampak Lingkungan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Jurnal Teknik Lingkungan Vol. 3 No. 1

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukarom, Z. dan Laksana, M. W. (2016). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia

Paramitha, Y. N. (2014). Implementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2009 Tentang Penelolaan Sampah di Kabupaten Jepara. Journal of Public Policy and Management Review.

Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Rendy, Mohammad. (2015). Evaluasi Kebijakan Pengelolaan Sampah di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Palu. e-Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 11, 2015 73-79.

Republik Indonesia. (2018). Undang Undang Nomor 18 tentang Pengelolaan Sampah.

Republik Indonesia. (2016). Peraturan Daerah Kab. Batang Nomor 3 tentang Pengelolaan Sampah.

Setyaningrum, Ike. (2015). Karakteristik Peningkatan Pengelolaan Sampah oleh Masyarakat melalui Bank Sampah. Jurnal Teknik PWK, Vol. 4 No. 2




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v7i3.5630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Visitors

 

Indexing