RESPONSIVITAS POLSEK RAPPOCINI TERHADAP KEBERADAAN PAK OGAH DI KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan responsivitas penyelenggaraan pelayanan pada kantor polisi Polsek Rappocini.Penelian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. adapun sumber penilitian terdiri dari data primer yaitu wawancara mendalam. Informan berasal dari aparat kepolisian Polsek Rappocini serta masyarakat pengguna jalan sedangkan data sekunder berasal dari dokumentasi. Data penelitian dikumpul dengan observasi partisipasi. Data tersebut dianalisis dengan Teknik reduksi data, penyajian data dan studi dokumentasi. Kemudian dilakukan pengabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi Teknik dan teriangulasi waktu. Hasil penelitian dengan menggunakan teori responsivitas menunjukkan bahwa Polsek Rappocini telah menunjukkan responsivitas yang baik dalam beberapa aspek, seperti kemampuan merespon dengan konsep 3S, kecepatan dan ketepatan dalam menangani situasi, kecermatan dalam penanganan laporan dan baik dalam menangani keluhan oleh masyarakat. Namun, masih ditemukan keterlambatan dalam ketepatan waktu pelayanan, menandakan perlunya peningkatan efisiensi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal, A., & Erman, M. (2018). Responsivitas Pemerintah Kota Pekanbaru dalam Penanggulangan Wabah Demam Berdarah Demam Berdarah (Dbd) di Kota Pekanbaru Tahun 2015 (Disertasi Doktor, Universitas Riau).
Agus, D. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. ed. Dwiyanto Agus. Jogjakarta: UGM Press.
Apriliya, S. 2019. Responsivitas dan Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa. Tesis. Universitas Negeri Makassar.
Aprilya, S. (2019). Responsivitas dan Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakaya. Buntoro, Raden Prima Aziz, and Puji
Djafar, R., & Sune, U. (2022). Responsivitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pohuwato. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan , 14 (1), 99-112.
Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Ugm Press.
Fachri, M. N. (2016). ―Tinjauan Sosio Yuridis Tentang Keberadaan Bantuan Polisi (Banpol Atau Pak Ogah) Di Kota Makassar. Studi Kasus Tahun 2014- 2016.‖ UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR.
Gormley, Orbawati, dan Ahsani. 2016. "Mendefinisikan Daya Tanggap dan Jenis- Jenis Daya Tanggap". Makassar: Universitas Muhammadiyah.
Hasan, M., Khan, M. N., & Farooqi, R. (2019). Service Quality Measurement Models: Comparative Analysis and Application in Airlines Industry. Global Journal of Enterprise Information System, 11(02), 30–41.
Hasriadi, A, M., & Adriana. (2021). Responsivitas Pelayanan Unit Gawat Darurat di Puskesmas Sarjo Kabupaten Pasangkayu. Journal Public Policy and Management, 03(02), 150–157.
Herdini, F., & Widiyarta, A. (2020). Responsivitas Pelayanan Publik Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Di Perusahaan Daerah Air Mimum (PDAM) Kabupaten Nganjuk. Public Administration Journal OfResearch,2(1), 1–9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
_____
Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar
Jalan Sultan Alauddin Nomor 259
Kota Makassar - Sulawesi Selatan