The Relevance of Islamic Religious Education Values Through Moral Education In Elementary School Students
Keywords:
ilai-nilai pendidikan islam, pendidikan akhlak, sekolah dasarAbstract
Pendidikan Akhlak telah menjadi topik yang menarik akhir-akhir ini. Kemunculannyadipengaruhi oleh kemerosotan akhlak siswa ke arah negatif, yang dipengaruhi oleh berbagai penyebab, termasuk kurangnya pendidikan agama Islam untuk anak-anak sekolah dasar. Beberapa perinsip- perinsip pendidikan akhlak seperti, kesopanan, kerendahan hati, toleransi,disiplin,tanggung jawab, religius. Prinsipprinsip tersebut dapat membantu anak-anak sekolah dasar untuk mengembangkan akhlak yang positif. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengajarkan pendidikan moral kepada anak- anak sekolah dasar melalui pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode perpustakaan. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknologi perpustakaan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-niilai pendidikan agama Islam memiliki dampak yang signifikan terhadap pendidikan akhlak siswa. Kata kunci: nilai-nilai pendidikan islam, pendidikan akhlak, sekolah dasar
References
Ayuhana, M. M. (2015). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Indonesia. Jurnal Tarbawi, 12(2), 171.
Damayanti, A. (2018). Pendidikan Agama Islam. In Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan (Vol. 2, Issue 1705045066).
Darma, U. B., Islam, U., & Utara, S. (2021). Vol . 2 No . 1 Juni 2021. 2(1), 187–193.
Djuwairiyah Irsyadul. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Karakteristik , Prinsip Dan. Edupedia, 6(2), 165–176. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.193.2
Dwi Cahyani, N., Luthfiyah, R., Apriliyanti, V., & Munawir, M. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Budaya Religius Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakteristik Islami. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 477–493. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.5383
Fahdurrosi A.N.H, R., & Yusron Maulana El-Yunusi, M. (2024). Konsep Nilai Etika Dan Estetika Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.106
Khosla, H., Yusron, M., & El, M. (2024). FENOMENA TIK TOK DAN PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM. 4(1), 11–24.
Laras, I., Supriatna, A., Mariam, H. E., Asyrika, S., & Mulyati, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(2), 203–214.
Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. In Экономика Региона.
Practice, B., & Building, C. (2014). PRINSIP PENDIDIKAN KARAKTE R DALAM ISLAM ( Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji ) Agus Setiawan Abstract : Keywords : character building , the thought of Al-Ghazali ’ s and Al-Zarnuji A . PE NDAHULUAN Bangsa Indonesia saat ini. Dinamika Ilmu, 14(1), 1–12.
Romli, A. B. S., Fajar Shodiq, M., Defri Juliansyah, A., Mawardi, M., & Yusron Maulana El-Yunusi, M. (2023). Implementasi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(2), 214–223. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2340
SHOBRI, A. (2018). Strategi Guru Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Sman 6 Kediri. 16. http://etheses.iainkediri.ac.id/1364/%0Ahttp://etheses.iainkediri.ac.id/1364/3/932121813_BAB II.pdf
Sutra, Ali, Husein, Raihan, Hanif, & Zaki. (2023). Akhlak Dalam Islam. Journal Islamic Education, 1(2210311310031), 36–40.
Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 75–89. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1304
Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com