The Relevance of Islamic Religious Education Values Through Moral Education In Elementary School Students

Authors

  • Nila Talita Haditiyah universitas sunan giri surabaya
  • Denis Nurista Sari Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Nadia Marta trilova Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi Universitas Sunan Giri Surabaya

Keywords:

ilai-nilai pendidikan islam, pendidikan akhlak, sekolah dasar

Abstract

Pendidikan Akhlak telah menjadi topik yang menarik akhir-akhir ini. Kemunculannyadipengaruhi oleh kemerosotan akhlak siswa ke arah negatif, yang dipengaruhi oleh berbagai penyebab, termasuk kurangnya pendidikan agama Islam untuk anak-anak sekolah dasar. Beberapa perinsip- perinsip pendidikan akhlak seperti, kesopanan, kerendahan hati, toleransi,disiplin,tanggung jawab, religius. Prinsipprinsip tersebut dapat membantu anak-anak sekolah dasar untuk mengembangkan akhlak yang positif. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengajarkan pendidikan moral kepada anak- anak sekolah dasar melalui pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode perpustakaan. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknologi perpustakaan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-niilai pendidikan agama Islam memiliki dampak yang signifikan terhadap pendidikan akhlak siswa. Kata kunci: nilai-nilai pendidikan islam, pendidikan akhlak, sekolah dasar

Author Biography

  • Nila Talita Haditiyah, universitas sunan giri surabaya
    universitas sunan giri surabaya

References

Ayuhana, M. M. (2015). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Indonesia. Jurnal Tarbawi, 12(2), 171.

Damayanti, A. (2018). Pendidikan Agama Islam. In Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan (Vol. 2, Issue 1705045066).

Darma, U. B., Islam, U., & Utara, S. (2021). Vol . 2 No . 1 Juni 2021. 2(1), 187–193.

Djuwairiyah Irsyadul. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Karakteristik , Prinsip Dan. Edupedia, 6(2), 165–176. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.193.2

Dwi Cahyani, N., Luthfiyah, R., Apriliyanti, V., & Munawir, M. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Budaya Religius Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakteristik Islami. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 477–493. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.5383

Fahdurrosi A.N.H, R., & Yusron Maulana El-Yunusi, M. (2024). Konsep Nilai Etika Dan Estetika Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.106

Khosla, H., Yusron, M., & El, M. (2024). FENOMENA TIK TOK DAN PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM. 4(1), 11–24.

Laras, I., Supriatna, A., Mariam, H. E., Asyrika, S., & Mulyati, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(2), 203–214.

Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. In Экономика Региона.

Practice, B., & Building, C. (2014). PRINSIP PENDIDIKAN KARAKTE R DALAM ISLAM ( Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji ) Agus Setiawan Abstract : Keywords : character building , the thought of Al-Ghazali ’ s and Al-Zarnuji A . PE NDAHULUAN Bangsa Indonesia saat ini. Dinamika Ilmu, 14(1), 1–12.

Romli, A. B. S., Fajar Shodiq, M., Defri Juliansyah, A., Mawardi, M., & Yusron Maulana El-Yunusi, M. (2023). Implementasi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(2), 214–223. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2340

SHOBRI, A. (2018). Strategi Guru Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Sman 6 Kediri. 16. http://etheses.iainkediri.ac.id/1364/%0Ahttp://etheses.iainkediri.ac.id/1364/3/932121813_BAB II.pdf

Sutra, Ali, Husein, Raihan, Hanif, & Zaki. (2023). Akhlak Dalam Islam. Journal Islamic Education, 1(2210311310031), 36–40.

Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 75–89. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1304

Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544

Downloads

Published

2025-05-28