The Relevance of Islamic Religious Education Values Through Moral Education In Elementary School Students
Abstract
Pendidikan Akhlak telah menjadi topik yang menarik akhir-akhir ini. Kemunculannyadipengaruhi oleh kemerosotan akhlak siswa ke arah negatif, yang dipengaruhi oleh berbagai penyebab, termasuk kurangnya pendidikan agama Islam untuk anak-anak sekolah dasar. Beberapa perinsip- perinsip pendidikan akhlak seperti, kesopanan, kerendahan hati, toleransi,disiplin,tanggung jawab, religius. Prinsipprinsip tersebut dapat membantu anak-anak sekolah dasar untuk mengembangkan akhlak yang positif. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengajarkan pendidikan moral kepada anak- anak sekolah dasar melalui pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode perpustakaan. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknologi perpustakaan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-niilai pendidikan agama Islam memiliki dampak yang signifikan terhadap pendidikan akhlak siswa. Kata kunci: nilai-nilai pendidikan islam, pendidikan akhlak, sekolah dasar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayuhana, M. M. (2015). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Di Indonesia. Jurnal Tarbawi, 12(2), 171.
Damayanti, A. (2018). Pendidikan Agama Islam. In Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan (Vol. 2, Issue 1705045066).
Darma, U. B., Islam, U., & Utara, S. (2021). Vol . 2 No . 1 Juni 2021. 2(1), 187–193.
Djuwairiyah Irsyadul. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Karakteristik , Prinsip Dan. Edupedia, 6(2), 165–176. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.193.2
Dwi Cahyani, N., Luthfiyah, R., Apriliyanti, V., & Munawir, M. (2023). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Budaya Religius Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakteristik Islami. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 477–493. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.5383
Fahdurrosi A.N.H, R., & Yusron Maulana El-Yunusi, M. (2024). Konsep Nilai Etika Dan Estetika Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.106
Khosla, H., Yusron, M., & El, M. (2024). FENOMENA TIK TOK DAN PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM. 4(1), 11–24.
Laras, I., Supriatna, A., Mariam, H. E., Asyrika, S., & Mulyati, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(2), 203–214.
Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. In Экономика Региона.
Practice, B., & Building, C. (2014). PRINSIP PENDIDIKAN KARAKTE R DALAM ISLAM ( Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji ) Agus Setiawan Abstract : Keywords : character building , the thought of Al-Ghazali ’ s and Al-Zarnuji A . PE NDAHULUAN Bangsa Indonesia saat ini. Dinamika Ilmu, 14(1), 1–12.
Romli, A. B. S., Fajar Shodiq, M., Defri Juliansyah, A., Mawardi, M., & Yusron Maulana El-Yunusi, M. (2023). Implementasi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(2), 214–223. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2340
SHOBRI, A. (2018). Strategi Guru Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Sman 6 Kediri. 16. http://etheses.iainkediri.ac.id/1364/%0Ahttp://etheses.iainkediri.ac.id/1364/3/932121813_BAB II.pdf
Sutra, Ali, Husein, Raihan, Hanif, & Zaki. (2023). Akhlak Dalam Islam. Journal Islamic Education, 1(2210311310031), 36–40.
Utari, L., Kurniawan, K., & Fathurrochman, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 75–89. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1304
Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 nila talita nila talita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.