Pembelajaran Islam Pendekatan Multi, Inter, dan Transdisipliner (Hakikat dan Implementasinya)

Rahmah Rahmah, Husnul Yaqin, Andi Amiruddin

Abstract


Pendidikan adalah pilar fundamental dalam pembangunan masyarakat dan peradaban. Dalam konteks Pendidikan Islam, upaya untuk menyelaraskan nilai-nilai agama dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern menjadi suatu tantangan yang tak terhindarkan. Pendekatan transdisipliner, yang mengintegrasikan pemahaman dari berbagai disiplin ilmu, muncul sebagai alternatif yang menjanjikan dalam merespons kompleksitas tuntutan pendidikan masa kini. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep Pendidikan Islam melalui pendekatan Multi, Inter, dan Transdisipliner Artikel  ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian mengunakan studi literatur. Sumber data dan bahan analisis yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari berbagai referensi artikel ilmiah yang relevan dari berbagai jurnal dan buku. Berdasarkan penggalian terhadap data dari beberapa sumber yang digunakan didapatkan hasil bahwa pembelajaran Islam multidisipliner menekankan pada tinjauan multiperspektif ilmu yang terkait dengan masalah yang dipecahkan, tanpa menggabungkan ilmu-ilmu tersebut menjadi sebuah kesatuan ilmu. Sementara Pembelajaran Islam interdisipliner menekankan pada interaksi dan kolaborasi antar disiplin ilmu untuk menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif. Sedangkan Pembelajaran Islam transdisipliner menekankan pada interaksi dan kolaborasi antar disiplin ilmu untuk menghasilkan pemahaman baru yang tidak dapat dipahami oleh disiplin ilmu mana pun secara terpisah.


Keywords


dapat dipahami oleh disiplin ilmu mana pun secara terpisah. Kata Kunci: Islam, Multi, Inter, Transdisipliner

Full Text:

PDF

References


M. Qomar, Pendidikan Islam Multi, Inter, dan Transdisipliner, Malang: PT. Cita Instrans Selaras (Cilita), 2020

I. Mawardi, "Pendidikan Islam dan Sumber Daya Manusia Indonesia," IIP, 2013/2014.

Syukri, “Konsep Pembelajaran menurut Al-Qur’an,” Ulumuna, vol. XV, no. 1 JUNI 2011, pp. 1–28, 2011.

A. Hermawan, “Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali,” Jurnal Qathruna, vol. 1, no. 1, pp. 84–98, 2014.

M. Anshori, “Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an,” Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, vol. 1, no. 1, pp. 52–63, 2019.

D. Dariyanto, “Prinsip Pembelajaran Dalam Al-Qur’an,” ZAD Al-Mufassirin, vol. 4, no. 1, pp. 82–109, 2022, doi: 10.55759/zam.v4i1.36.

Muzammil, “Teori Belajar dalam Perspektif Barat dan Islam,” Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, vol. 3, no. 2, pp. 143–157, 2019.

Nurul Hidayati, “Teori Pembelajaran Al Qur’an,” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, vol. 4, no. 1, p. 32, 2021.

G. Wahab and Rosnawati, Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran, Pertama. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata, 2021.

S. Saefiana, F. D. Sukmawati, R. Rahmawati, D. A. M. Rusnady, S. Sukatin, and S. Syaifuddin, “Teori Pembelajaran dan Perbedaan Gaya Belajar,” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , vol. 3, no. 1, pp. 150–158, 2022, doi: 10.33487/mgr.v3i1.3976.

Jaja. Suteja, “Model-Model Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI di Perguruan Tinggi (Perubahan dari Teacher Centered Learning ke Arah Student Centered Learning),” Jurnal Edueksos, vol. VI, no. 1, pp. 81–100, 2017.

A. Z. Fitri, L. Indarti, and M. M. Nafis, Model Pendekatan Multi-Inter-Transdisipliner dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum KKNI. 2020.

S. S. Indra Wijaya, “Filosofi, Ideologi, dan Paradigma Pendidikan Islam Multi, Inter, dan Transdisipliner,” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, vol. 23, no. 1, pp. 55–77, 2023.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v9i01.14788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahmah Rahmah, Husnul Yaqin, Husnul Yaqin, Andi Amiruddin, Andi Amiruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.