KONTRIBUSI KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi kreativitas belajar matematika dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan Sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu kuesioner kreativitas belajar matematika, kuesioner minat belajar matematika dan tes hasil belajar matematik. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 66,29 dengan simpangan baku 14,11 dari skor ideal 100. Kreativitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 89,62 dengan simpangan baku 9,43 dari skor ideal 131,99. Sedangkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 86,78 dengan simpangan baku 11,74 dari skor ideal 125,25. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kreativitas belajar matematika dan minat belajar matematika secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa, dengan persamaan regresi Y = -24,318 + 0,762X1 + 0,257X2 dan koefisien determinasi R2 = 0,372. Dari hasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi kreativitas belajar matematika dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ya-karta: Rineka Cipta
Agustin Wardiyati. 2006. Hubungan Antara Motivasi dengan Prestasi Belajar Bi-dang Studi Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sya-rif Hidayatullah. Jakarta
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Anonim. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Bandung: Citra Umbara
Anonim. 2011. http://luluvikar.wordpress.com/2010/12/05/minat/. Diakses pada tanggal 01 Januari 2013
Anonim. 2011. http://j3sra3l.wordpress.com/2010/11/30/menumbuhkan-motivasi-dan-minat-belajar-matematika/. Diakses pada tanggal 01 Januari 2013
Arikunto, S. 1999. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Yogyakarta
Crow and Crow. 1988. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Darwis, M. 2007. Model Pembelajaran Matematika Yang Melibatkan Kecerdasan Emosional. Surabaya: Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika UNS.
Dimyati, Mudjiono. 1989. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
Hasbullah. 1996. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang
Irfani, Muhammad. 2010. http://muhammadirfani.wordpress.com/2009/01/12 /menghilangkan-kejenuhan-dalam-belajar-matematika-2/. Diakses pada tanggal 02 November 2012
Loekmono, J.T Lobby. 1994. Belajar Bagaimana Belajar. Salatiga : BPK Gunung Mulia
Muhkal, M. 2009. Materi Kuliah Strategi Belajar Mengajar Matematika. Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
Muhkal, M. 1994. Hubungan Antara Konsep Diri Matematika Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa-Siswa Kelas 1 SMA Negeri Di Kota Madya Ujung Pandang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang Program pasca Sarjana.
Muhkal, M dan Intang Baso. 1998. Pengaruh Antara Konsep Diri Matematika Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa-Siswa Kelas 1 SMA Negeri Di Kota Madya Ujung Pandang: Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.
Paduppai, D. 2003. Respons Hasil Belajar Mahasiswa Atas Kecerdasan Emosional Berdasarkan Pola asuh Orang Tua. Laporan Penelitian Research Grant Semi-QUE V. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar.
Paduppai, D. 2003. Faktor-faktor Penentu Kecerdasan Emosi Dikaitkan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Berdasarkan Gender (Survei Korelasional pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar). Laporan Penelitian Research Grant Semi-QUE V. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar.
Pasaribu, I. L. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Porter, Bobbi De dan Mike Hernacki. 2000. Quantum Learning. Bandung: Kaifa
Ruseffendi, E. T. 1990. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sardiman, A. M. 1987. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Semiawan, Conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT. Prenhallindo
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudarsono, Joko. 2003. Menumbuhkan Minat Belajar Untuk Mencapai Sukses dalam Studi. Dalam Majalah Remaja Gen 2000. No. 04. Th. II.Tri Wulan IV 2003. Hal 28 dan 29
Sudjana, Nana. 1994. Dasar-dasar Penelitian pendidikan. Sinar Baru. Bandung
Gie, The Liang. 1995. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Liberty
Tiro, Muhammad Arif. 2008. Statistika Sebaran Bebas Edisi Kedua. Makassar: Andhira Publisher
Wahid, Abdul. 1998. Menumbuhkan Minat dan Bakat Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i1.7243
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.