ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS II TEKHNIK SMK NEGERI 5 BARRU

Nurleli Nurleli

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  yang merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai apa adanya. Sehingga dalam penelitian ini akan mengungkapkan, menganalisis dan memberikan gambaran tentang fenomena dari subjek penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dan penyebab apa yang dilakukan siswa yang menjadi subjek penelitian dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri. Untuk mengidentifikasi kesalahan tersebut digunakan instrumen tes diagnostik yang terdiri dari lima butir soal dalam bentuk essay tes (tes uraian) dan wawacara. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II Tekhnik SMK Negeri 5 Barru Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 18 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, persentase dan wawancara. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri, meliputi kesalahan konsep, prinsip, dan algoritma/prosedur. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri adalah a) kesalahan konsep (K) sebesar 91,41%, kategori sangat tinggi, b) kesalahan prinsip (P) sebesar 61,72%, kategori rendah, c) kesalahan algoritma (A) 63,28%, kategori rendah. Secara umum dapat digambarkan bahwa kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan trigonometri (rumus jumlah dan selisih dua sudut, rumus sinus, cosinus dan tangen sudut ganda, rumus perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus dan cosinus dan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah) pada siswa Kelas II Tekhnik SMK Negeri 5 Barru pada persentase 72,14% kategori sedang. Hasil wawancara dengan tiga orang responden (berdasarkan kategori tingkat kesalahan rendah, sedang dan tinggi), secara umum dapat dikatakan bahwa penyebab kesalahan yang dilakukan siswa Kelas II Tekhnik SMK Negeri 5 Barru dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri siswa (faktor internal) sehingga mempengaruhi kemampuannya dalam belajar (disfungsi neurologis). Faktor internal tersebut meliputi gangguan atau kekurangmampuan fisik, yaitu: yang bersifat kognitif (rana cipta), antara lain kapasitas intelektual/inteligensi siswa; yang bersifat afektif (rana rasa), antara lain emosi dan sikap; dan yang bersifat psikomotorik (rana karsa), antara lain terganggunya alat-alat indera terutama indera penglihatan (mata) dan indera pendengaran (telinga).

Keywords


Analisis; Kesalahan; Soal Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hasanuddin. 2006. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Siswa Kelas X SMAN 1 Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Izoelsyifa. 2010. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika, (online), (http: // wordpress.com/2010/11/27/ Kesalahan-Kesalahan-Siswa-dalam-Menyelesaikan-Soal-Soal-Matematika. Diakses 30 Oktober 2013).

Maier, Herman. 1985. Kompendium Didaktik Matematika. Bandung: CV. Remaja Karya.

Masrura. 2005. Profil Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat Siswa Kelas X SMA Negeri I Anggeraja Kab Enrekang. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Muhkal, Mappaita. 1998. Pengaruh Konsep Diri Matematika dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMU Kotamadya Ujung Pandang. Laporan Hasil Penelitian. Ujung Pandang: FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Nurdina, Tya. 2012. Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika dan Faktor-Faktor yang Menyebabkannya, (online), (http: // tyanurdina. wordpress. com/2012/04/23/kesalahan-dalam-menyelesaikan-dan-faktor-faktor-yang-menyebabkannya. Diakses 30 Oktober 2013).

Rahmawati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rosma. 2007. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Integral pada Siswa Kelas XI SMU Muhammadiyah 6 Makassar. Skripsi. Makassar: FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Samudra, Bastias. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FKIP UNISMUH.

Setyosari, Punjabi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i1.7237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: