ANALISIS PEMAHAMAN GURU MATEMATIKA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DI KABUPATEN SUMEDANG

M Nuur'aini Sholihat, Ucu Koswara, Dedi Irawan

Abstract


Pembelajaran berdiferensiasi penting dalam pembelajaran matematika untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa. Meskipun telah ada kesadaran akan strategi ini, banyak guru di Kabupaten Sumedang yang masih menghadapi tantangan dalam penerapannya, terutama dalam penggunaan media digital sebagai alat bantu. Guru yang seharusnya mampu menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa, ditemukan adanya kesenjangan dalam pemahaman dan penerapan strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru, mengevaluasi penggunaan media digital, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan dengan pengumpulan data melalui angket dan wawancara wawancara semi-terstruktur yang melibatkan 30 guru matematika dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun guru menyadari pentingnya pembelajaran berdiferensiasi, penerapannya masih belum optimal. Guru telah menggunakan media digital, tetapi keterampilan teknis guru masih terbatas. Tantangan lain yang dihadapi oleh guru adalah perbedaan kemampuan siswa dalam satu kelas, yang membuat penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi menjadi lebih kompleks.


Keywords


Differentiated learning; digital instructional media; mathematics education; teacher challenges.

References


Alfikri, F., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi. Journal of Syntax Literate, 7(6), 7954-7966. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i6.7545

Amal, I., & Nindiasari, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 16 (1), 130-141. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14575

Balkish, et al. (2023). Analisis Pengalaman Pengembangan Diri Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Yang Berdiferensiasi dan Mendorong Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1297-1308. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6829

Dahlan, T., Darhim, D., & Juandi, D. (2022). How Digital Applications as Mathematics Learning Media in The Automation Era. Journal of Positive Psychology and Wellbeing. 6(2), 199-211. https://journalppw.com/index.php/jppw/article/view/2871

Fatmawati, W. (2023). Understanding By Design Berbasis PBL Berdiferensiasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Polinomial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1599-1608. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/download/5296/4101

Fitriah, I., & Widiyono, A. (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Tubuh Tumbuhan Di Sekolah Dasar. IMEIJ: Indo-MathEdu Intellectuals Journal. 4(2), 961-974. http://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.310

Gaspersz, M., Suranto, A. W., & Gaspersz, N. (2023). Model Evaluasi Formatif-Sumatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(1), 1-7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss1year2023page1-7

Halimah, N., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(1), 5019-5033. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7552

Handayani, P., Wardhani, P. A., & Wardatussa’idah, I. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Slow Learner Dalam Belajar Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6147-6159. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14794

Hilmiyah, et al. (2023). Analisis Ketercapaian Program Guru Penggerak PAUD dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Berpusat pada Anak. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 103-117. https://doi.org/10.37985/educative.v1i3.211

Hasanah, et al. (2024). Lokakarya Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1548-15578. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.21133

Herawati, B. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Berbasis ICT. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 138-154. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1813

Idamayanti, R., Nurhidayah, & Ashar. (2022). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Pangkajene di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Seminar Nasional Paedagoria. 2, 75-83. https://journal.ummat.ac.id/journals/50/articles/10065/public/10065-33282-1-PB.pdf

Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/23614/16628

Kintoko, K., Junaedi, I., & Dewi, N. R. (2022). Literasi Numerasi dan Berpikir Kritis: Systematic Literature Review. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 579-584). https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1532.

Muliani, R. (2022). Mengatasi Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi: Tips dan Trik untuk Guru [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/2ru7j.

Muslimin, et al. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA. 8(2). 22-32. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.14770

Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093

Nirmala, et al. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berlandaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 9(1), 182-187. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.

Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/13523

Paillin, B., Prastiti, T., & Ramdhani, S. (2024). Pengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Solusi Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1225-1242. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3199.

Priandini, E.S., & Faulina, R. (2024). Analisis Persepsi Guru Matematika Tingkat SMP SMA Sederajat di Kecamatan Socah Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pembelajaran Matematika. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 121-129. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14544

Prihatini, R.S.T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Ilmu Pengetahuan Alam Di SMP: Kajian Literatur. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter. 1(6), 179-186. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.499

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Ria, T.N., & Kurniati, L. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SMPN 4 Demak. Jurnal Awam. 3(1), 13-18. http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/awam/article/view/963

Rosa, et al. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153

Sasmita, et al. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(1), 7431–7445. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13523

Syifa, S.N., Az-Zahra, A.M., & Rachman, I.F. (2024). Analisis Infrastruktur Teknologi, Pelatihan Pengajar dan Tantangan dalam Implementasi Model Pembelajaran Literasi Digital untuk Mendukung SDGs 2030. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(2), 212-224. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.765

Zebua, F. R. S. (2023). Analisis tantangan dan peluang guru di era digital. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan. 3(1), 21-28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.