ANALISIS PEMAHAMAN GURU MATEMATIKA SMP TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DI KABUPATEN SUMEDANG
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi penting dalam pembelajaran matematika untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa. Meskipun telah ada kesadaran akan strategi ini, banyak guru di Kabupaten Sumedang yang masih menghadapi tantangan dalam penerapannya, terutama dalam penggunaan media digital sebagai alat bantu. Guru yang seharusnya mampu menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa, ditemukan adanya kesenjangan dalam pemahaman dan penerapan strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru, mengevaluasi penggunaan media digital, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan dengan pengumpulan data melalui angket dan wawancara wawancara semi-terstruktur yang melibatkan 30 guru matematika dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan tema yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun guru menyadari pentingnya pembelajaran berdiferensiasi, penerapannya masih belum optimal. Guru telah menggunakan media digital, tetapi keterampilan teknis guru masih terbatas. Tantangan lain yang dihadapi oleh guru adalah perbedaan kemampuan siswa dalam satu kelas, yang membuat penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi menjadi lebih kompleks.
Keywords
References
Alfikri, F., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi. Journal of Syntax Literate, 7(6), 7954-7966. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i6.7545
Amal, I., & Nindiasari, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 16 (1), 130-141. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14575
Balkish, et al. (2023). Analisis Pengalaman Pengembangan Diri Guru Matematika Terhadap Pembelajaran Yang Berdiferensiasi dan Mendorong Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1297-1308. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6829
Dahlan, T., Darhim, D., & Juandi, D. (2022). How Digital Applications as Mathematics Learning Media in The Automation Era. Journal of Positive Psychology and Wellbeing. 6(2), 199-211. https://journalppw.com/index.php/jppw/article/view/2871
Fatmawati, W. (2023). Understanding By Design Berbasis PBL Berdiferensiasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Polinomial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1599-1608. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/download/5296/4101
Fitriah, I., & Widiyono, A. (2023). Analisis Kesulitan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Tubuh Tumbuhan Di Sekolah Dasar. IMEIJ: Indo-MathEdu Intellectuals Journal. 4(2), 961-974. http://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.310
Gaspersz, M., Suranto, A. W., & Gaspersz, N. (2023). Model Evaluasi Formatif-Sumatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Peserta Didik SMA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(1), 1-7. https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss1year2023page1-7
Halimah, N., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(1), 5019-5033. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7552
Handayani, P., Wardhani, P. A., & Wardatussa’idah, I. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Peserta Didik Slow Learner Dalam Belajar Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6147-6159. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14794
Hilmiyah, et al. (2023). Analisis Ketercapaian Program Guru Penggerak PAUD dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi yang Berpusat pada Anak. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 103-117. https://doi.org/10.37985/educative.v1i3.211
Hasanah, et al. (2024). Lokakarya Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1548-15578. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.21133
Herawati, B. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Berbasis ICT. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(3), 138-154. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i3.1813
Idamayanti, R., Nurhidayah, & Ashar. (2022). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Pangkajene di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Seminar Nasional Paedagoria. 2, 75-83. https://journal.ummat.ac.id/journals/50/articles/10065/public/10065-33282-1-PB.pdf
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121–13129. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/23614/16628
Kintoko, K., Junaedi, I., & Dewi, N. R. (2022). Literasi Numerasi dan Berpikir Kritis: Systematic Literature Review. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 579-584). https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1532.
Muliani, R. (2022). Mengatasi Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi: Tips dan Trik untuk Guru [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/2ru7j.
Muslimin, et al. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA. 8(2). 22-32. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.14770
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093
Nirmala, et al. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berlandaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 9(1), 182-187. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/13523
Paillin, B., Prastiti, T., & Ramdhani, S. (2024). Pengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Solusi Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1225-1242. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3199.
Priandini, E.S., & Faulina, R. (2024). Analisis Persepsi Guru Matematika Tingkat SMP SMA Sederajat di Kecamatan Socah Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Untuk Pembelajaran Matematika. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1), 121-129. https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14544
Prihatini, R.S.T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Ilmu Pengetahuan Alam Di SMP: Kajian Literatur. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter. 1(6), 179-186. https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i6.499
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.
Ria, T.N., & Kurniati, L. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SMPN 4 Demak. Jurnal Awam. 3(1), 13-18. http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/awam/article/view/963
Rosa, et al. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Sasmita, et al. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8(1), 7431–7445. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13523
Syifa, S.N., Az-Zahra, A.M., & Rachman, I.F. (2024). Analisis Infrastruktur Teknologi, Pelatihan Pengajar dan Tantangan dalam Implementasi Model Pembelajaran Literasi Digital untuk Mendukung SDGs 2030. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 2(2), 212-224. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i2.765
Zebua, F. R. S. (2023). Analisis tantangan dan peluang guru di era digital. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan. 3(1), 21-28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.