INOVASI E-MODUL AKM: SOLUSI DIGITAL UNTUK MENGASAH LITERASI NUMERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e- modul pembelajaran berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang berfikus pada peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. E- modul ini dirancang untuk membantu siswa dalam memahami serta melatih keterampilan dasar literasi numerasi sesuai dengan standar AKM yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengembangan e-modul ini menggunakan metode peelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pembangunan; (4) Implementasi; dan (5) Evaluasi. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI di SMAS Gajah Mada Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes kemampuan literasi numerasi yang dilakukan setelah penggunaan e- modul. Hasil penelitian ini menunjukkan 85,42%, artinya e- modul AKM yang dikembangkan memiliki daya tarik bagi siswa. Kemudian pada hasil tes literasi numerasi menunjukkan rata-rata skor akhir 3,59 dengan persentase 90,32%, artinya siswa memiliki tingkat kemampuan literasi numerasi dengan kategori “Mahir”. Selain itu, hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan bahwa e- modul ini layak digunakan dengan sedikit revisi.
Keywords
References
Anggoro, B. S., Agustina, S., Komala, R., Komarudin, K., Jermsittiparsert, K., & Widyastuti, W. (2019). An Analysis of Students’ Learning Style, Mathematical Disposition, and Mathematical Anxiety toward Metacognitive Reconstruction in Mathematics Learning Process Abstract. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 187–200.
Dwi Cahyanovianty, A. (n.d.). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. 05(02), 1439–1448.
Gunur, B., Parinters Makur, A., & Hendrice Ramda, A. (2018). HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI PEDESAAN. MaPan, 6(2), 148–160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
PISA: Programme for International Student Assessment. (n.d.). Retrieved from https://www.oecd.org/en/about/programmes/pisa.html
Prasetya, I. G. A. S., Wirawan, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas Xi Dengan Model Problem Based Learning Di Smk Negeri 2 Tabanan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1).
Putra, R. W. Y., Azmi, N. N. N., Ambarwati, R., Leni, N., Fadila, A., & Dewi, N. R. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS NILAI KEISLAMAN DAN SITUATION BASED LEARNING. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 16(1), 209–220.
Riduwan, M. B. A. (2022). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian.
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Roikha, A., Khikmiyah, F., & Zawawi, I. (2023). PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOODLE MODEL PEMBELAJARAN ICARE PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15(1), 116–126.
Syawahid, M. (2019). Mathematical literacy in algebra reasoning. International Journal of Insight for Mathematics Teaching, 2(1), 33–46.
Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.
Turnip, R. F., & Karyono, H. (2021). Pengembangan e-modul matematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 485–498.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.