PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH INTEGRASI MATEMATIKA, ISLAM DAN LINGKUNGAN

Riyama Ambarwati, Rizki Wahyu Yunian Putra, Abi Fadila, Arini Alhaq

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar untuk mata kuliah yang mengintegrasikan matematika, nilai-nilai Islam, dan aspek lingkungan. Tujuannya adalah menciptakan sumber belajar yang menggabungkan elemen-elemen tersebut secara terpadu dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan bahan ajar yang dikembangkan serta mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa. Model ADDIE digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan tahap perencanaan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi secara cermat. Terdapat 3 ahli di bidang materi, 3 ahli di bidang media, 3 ahli di bidang agama dan lingkungan turut serta dalam validasi bahan ajar ini untuk memastikan kualitas dan relevansinya. Proses validasi menghasilkan skor rata-rata 87,16% dari ahli materi, 85,7% dari ahli media, dan 84,46% dari ahli agama dan lingkungan pada skala 4 poin. Bahan ajar kemudian diuji pada dua kelompok mahasiswa: kelompok kecil dengan 10 mahasiswa dan kelompok besar dengan 30 mahasiswa, dengan skor rata-rata masing-masing 89,63% dan 88,63%. Hasil menunjukkan bahwa bahan ajar ini diterima dengan baik, dengan kedua kelompok menilainya sebagai "sangat menarik", sehingga bahan ajar tersebut dapat digunakan sebagai referensi tambahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan bahan ajar terpadu dan menyediakan dasar yang kuat untuk kemajuan pendidikan di masa depan.


Keywords


bahan ajar; integrasi matematika; Islam; lingkungan

References


Abdussakir. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Analogi. A Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 1(1).

Amin, E. V., Andayani, Y., & Sukib, S. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA. Chemistry Education Practice, 1(1), 13. https://doi.org/10.29303/cep.v1i1.884

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dhani, R. R. (2020). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45–50. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.251

Farhatin, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal untuk Siswa SMP Kelas VIII. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2082

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Media Akademi.

Krisetiawan, K., Buchori, A., & Handayani, A. (2023). Pengembangan Mathematics Olympiad Digital Book (MODiB) Berdasarkan Strategi Pemecahan Masalah Polya untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 17(2), 256–265. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i2.15180

Kurnia, R., & Nurhayati, Y. (2020). Development of Inquiry-Based Student Worksheets (Lkpd) on Mathematics Subject in the Material of Cubes and Blocks To Improve Mathematical Understanding of Slow Leaners. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(1), 12. https://doi.org/10.22460/pej.v4i1.1468

Mutijah. (2019). Model Integrasi Matematika Dengan Nilai-Nilai Islam Dan Kearifan Lokal Budaya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Prastowo, I., Hidayat, C., & Hastuti, P. (2015). Production of Oleic Acid Ethyl Ester Catalyzed by Crude Rice Bran (Oryza sativa) Lipase in a Modified Fed-batch System: A Problem and its Solution. Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis.

Restian, A., Deviana, T., & Saputri, Y. N. E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 85–91. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p85-91

Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran IPS Adip. JESS : Jurnal Education Social Science, 2(46), 51–61.

Widiani, Y., & Ferolina, N. (2019). Matematika dan lingkungan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 39. https://doi.org/10.29300/equation.v2i1.2309

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.