PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII.2 SMP TARUNA SAKTI PEKANBARU

Arretta Yurrahma, Sehatta Saragih, Sakur Sakur, Emelia Emelia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII.2 SMP Taruna Sakti Pekanbaru pada tahun pelajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 di kelas VIII.2 SMP Taruna Sakti Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik. Instrumen penelitian ini terdiri dari perangkat pembelajaran (Silabus, RPP dan LKPD) dan instrumen pengumpul data berupa lembar aktivitas guru-peserta didik serta tes hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik pengamatan dan teknik tes. Hasil analisis data aktivitas guru-peserta didik menunjukkan adanya perbaikan proses pembelajaran yaitu peserta didik telah berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran, sudah berdiskusi bersama teman sekelompok, berani mengajukan pertanyaan, dan terlatih menyelesaikan permasalahan konstekstual sehingga pembelajaran lebih bermakna dan melekat diingatan peserta didik. Hasil analisis data hasil belajar matematika diperoleh bahwa terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai KKM dari siklus I ke siklus II pada aspek pengetahuan dan keterampilan yaitu meningkat dari 8 peserta didik (27,59%) pada skor dasar menjadi 15 peserta didik (51,72%) pada siklus I dan bertambah lagi menjadi 19 peserta didik (65,52%) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Problem Based Learning dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII.2 SMP Taruna Sakti Pekanbaru.


Keywords


Hasil Belajar Matematika; Penelitian Tindakan Kelas; Problem Based Learning

References


Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan.

Aprilia, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika MTs Kelas VIII. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 63–71. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.276

Arikunto, S., Suhardjono., Supardi (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi: Bumi Askara.

Fitria, Anis., Indiati, Intan., & Nursyahidah, F. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengumpulan dan Penyajian Data Kelas VA SDN Bendungan Semarang. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(2), 4507–4517.

Helmawati., Yurhagusfiani., Anggraini, R. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII3 Smp Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 62–70. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.30

Moreno, L. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1401–1428. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/125

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014: Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayu., Saragih, S., & S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP IT Darul Huda Ukui. Journal for Research in Mathematics Learning, 5(3), 189–198. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.29334

Rahmat, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(4), 730–747. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i4.204

Rahmawati, R., & Heleni, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-B SMP PGRI Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019 / 2020. 3(4), 375–384.

Ramadhani, Febrina., Anggraini, Rini Dian., & Suanto, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Dumai. JOM FKIP, 6(1), 1–12.

Rasanti, Raras., Afrilianto, M. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Berdasarkan Taksonomi Bloom Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1569–1576. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1569-1576

Santoso, H. B., Yahya, Lailany., &, & Isa, D. R. (2023). Model Problem Based Learning: Efektivitasnya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(1), 16–21. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.18387

Sari, Asri Hartati Laila., Rinto., Y. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 5619–5634. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Sinaga, Margaretha Ervina., Destiniar., Fuadiah, N. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 5373–5379. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Sriwati, I. gusti A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 302–313. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.