PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK FASE D PADA KONTEN STATISTIKA

Hadaya Syafira, Sakur Sakur, Armis Armis, Azline Widuas Anum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis (KKM) peserta didik fase D di SMPN 4 Tambang dengan menerapkan Problem Based Learning (PBL) pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII yang meliputi 32 peserta didik kelas VIII_3 SMPN 4 Tambang. Penelitian dilakukan sebanyak empat pertemuan dan dilakukan pada semester genap tahun 2023/2024. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen pengumpul data yang meliputi lembar pengamatan dan tes KKM. Teknik pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik pengamatan dan teknik tes KKM. Data diperoleh melalui tes KKM dan observasi aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan KKM peserta didik SMPN 4 Tambang dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Peningkatan KKM peserta didik dilihat dari hasil analisis KKM secara klasikal. Selain itu, penerapan PBL juga memfasilitasi peserta didik untuk lebih aktif berdiskusi, bertukar pendapat, serta mampu untuk mengungkapkan ide dan solusi matematis secara jelas dan sistematis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan KKM peserta didik SMPN 4 Tambang tahun pelajaran 2023/2024 pada konten statistika. 


Keywords


kemampuan komunikasi matematis; problem based learning; statistika

References


Aditomo, Anindito. (2022) Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Arikunto, S. (2009). Dasar-darar Evaluasi Pendidikan: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Kemendikbud.

Dewi, R. S., Sundayana, R., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 463–474. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.830

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39–55 https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–170 https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16–22.

https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354

Istiqomah, F. (2022). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 4(2), 135–142.

https://doi.org/10.37087/jtb.v4i2.100

Jaya, A., Waluyo., Siswanto. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 410–415.

Kodariyati, L., Astuti, B., & S., Banjarrejo. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93–106.

Nadila, N., & Sitompul, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan (the Influence of Problem Based Learning Learning Models). GAUSS : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 45–54.

Nashihah, Ummi Hanik. (2020). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Saintifik : Sebuah Perspektif. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 201–217.

https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.7193

Nasirun, Muhammad. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurnal Ilmiah Potensial, 6(1), 26–36.

Nuh, Muhammad. (2014). Permendikbud Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rasyid, M. A. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116

Rohman, A. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam denyelesaikan Masalah Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 1–11.

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 74. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1275




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.