PENGEMBANGAN GAME MONOPOLI BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA

Nandang Nandang, Wiwit Damayanti Lestari, Hidayatul Fikri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model pengembagan 4-D. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan atlast-I, uji aiken v, dan Uji t satu sampel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, proses pengembangan media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education, hasil uji validasi menunjukkan bahwa semua butir dinyatakan valid, rerata dari semua butir adalah 0,88, nilai V > 0,8 artinya sangat valid. Hal tersebut dapat dinyatakan bahwa media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education layak untuk digunakan. Berdasarkan uji efektivitas media melalui tes kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan uji t satu sampel diperoleh tobs = 1,550 dan tk = 0,182. Karena tobs > tk artinya media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi barisan aritmatika. Selanjutnya uji efektivitas media melalui angket minat belajar siswa menggunakan uji t satu sampel diperoleh tobs = 1,675 dan tk = 0,155. Karena tobs > tk artinya media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi barisan aritmatika. Sehingga pengembangan media game monopoli berbasis Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan minat belajar siswa.


Keywords


Media Pembelajaran; Koneksi Matematis; Minat Belajar

References


Abnisa, A. P., & Zubairi, Z. (2022). Personality Competence Educator and Students Interest in Learning. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 279–290. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1289

Amelia, D. P., & Harahap, A. (2021). Application of Interactive Multimedia-Based Mathematics Learning Media to Increase Students’ Interest in Learning. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3153–3161. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.2040

Asfar, A. M. I. T., Sumiati, S., Asfar, A. M. I. A., & Nurannisa, A. (2022). Analysis of Students’ Mathematical Connection Ability Through Learning Strategies Based on Local Wisdom. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 170–185. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i1.22435

Asri, N. A., & Ginting, M. T. H. (2023). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Kristen, 3(2), 141–152. https://doi.org/https://doi.org/10.54170/harati.v3i2.226

Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating Learning Mathematics Through the Use of Instructional Media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 677–688. https://doi.org/10.29333/iejme/5785

Iskak, K. B., Kusmayati, T. A., & Fitriana, L. (2020). Students’ mathematics representation ability from picture form to equation. Journal of Physics: Conference Series, 1469(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1469/1/012164

Kasman, K., & Hamdani, Z. (2021). the Effect of Zoom App Towards Students’ Interest in Learning on Online Learning. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 2(3), 404–408. https://doi.org/10.31933/dijemss.v2i3.752

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80

Mamonto, F., Umar, M. K., & Paramata, D. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jambura Physics Journal, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.34312/jpj.v3i1.8137

Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185. https://repository.lppm.unila.ac.id/43959/1/ARTICLE JPPPI.pdf

Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107

Salsabila, N. H., Hapipi, H., & Lu’luilmaknun, U. (2021). Game-Based Learning Media For Number Topic: Analysis And Design. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 13–25. https://doi.org/10.18592/jpm.v8i2.5749

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.