PENGEMBANGAN APLIKASI LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR

Abd Rozid, Rufi'i Rufi'i, Ujang Rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media cetak lembar kerja peserta didik menjadi media yang interaktif berupa elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) berbantuan aplikasi web Liveworksheets pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengam model ADDIE yang teridiri dari beberapa tahap: (1) Analisis (analyze), (2) Perencanaan (design), (3) Pengembangan (development), (4) Penerapan (implementation), (5) Penilaian (evaluation). Hasil analisis dari ahli media memperoleh persentase Hasil analisis data dari validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 91,07% dengan kriteria sangat valid dan hasil analisis data dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 92,08% dengan kriteria sangat valid. Hasil analisis data angket respon siswa memperoleh skor rata-rata dari tiga aspek meliputi; (1) aspek isi materi sajian memperoleh 91%, (2) aspek kemudana 92%, (3) aspek kejelasan pesan yang disampaikan 91%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-LKPD berbasis aplikasi liveworksheets yang dikembangkan memperoleh kategori “sangat menarik”. Dengan demikian media E-LKPD yang dikembangkan melalui aplikasi liveworksheets sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Liveworksheets, E-LKPD, Perpangkatan, Hasil Belajar

References


A. Dakhi, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Education And Development, Vol. 8, No. 2, p. 468, May 2020.

Arisandi, Suci Novi, 2022, Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Matei Konsep Mol, Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah Vol. 2 No. 3 hal. 306-316

Asnawi, Haidar Ali, Swasti Maharani., Reza Kusuma Setyansah., 2023, Pengembangan E-LKPD berbasis Liveworksheets pada Materi Bilangan Berpangkat Untuk Kelas IX SMP/MTs di Kabupaten Madiun, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Jurnal: Pendidikan dan Konseling Vol. 5 No. 1, hal. 5661-5671

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar.

Harefa, agnes. 2023. Pengembangan Lembar Peserta Didik IPA Berbasis Inkuiri Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP. GEN BIONIX: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 1(1), 32–40. Diambil dari https://ojs.unias.ac.id/index.php/gb/article/view/226

Ikhlashul Amalia N.F, Maria Veronika Roesminingsih, Muhammad Turhan Yani. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatakan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu Vol. 6 No. 5 hal. 8154-8162 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3762

Ramdani., Nur Azizah, Halimah Husein, 2022, Pengaruh Liveworksheets Dalam Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sman 3 Barru : Studi Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. Vol. 2 No. 3

Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 165–172.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018 diakses pada tanggal 11 Desember 2023 pukul 21:00 WIB




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.