PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kecakapan Representasi Matematis (KRM) siswa SMPN 3 Pekanbaru melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek sebanyak 35 siswa kelas VII-4 SMPN 3 Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan Siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Proses penelitian berlangsung dari tanggal 14 Mei hingga 4 Juni 2024. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi perangkat pembelajaran, seperti Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar, serta instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KRM siswa SMPN 3 Pekanbaru. Peningkatan KRM siswa dapat dilihat dari hasil analisis KRM secara klasikal. Rata-rata nilai KRM awal siswa sebelum tindakan (tes awal) adalah 32,38. Pada Siklus I, rata-rata KRM meningkat menjadi 68,93, dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 87,46. Rata-rata KRM pada Siklus I menunjukkan peningkatan sebesar 36,55 dibandingkan dengan tes awal, sedangkan rata-rata pada Siklus II meningkat sebesar 18,53 dari Siklus I. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KRM siswa SMPN 3 Pekanbaru pada materi statistika di tahun pelajaran 2023/2024.
Keywords
References
Aliyanti, A. P., Putri, O. R., & Zukhrufurrohmah, Z. (2019). Analisis Kesalahan Representasi simbolik Mahapeserta didik Dalam menyelesaikan soal high order thinking skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 382. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2265
Armadan, Somakim, Indaryanti. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Pembalajaran Berbasis Teori Van Hiele di Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen 3(1): 54. FKIP Universitas Sriwijaya. Palembang. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.306
Azizah, L. N., Junaedi, I., & Suhito, S. (2019). “KRM Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta didik Kelas X pada Pembelajaran Matematika dengan Model PBL”. Prisma, Vol 2, 355–365. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28952
Azzahra, H., Yuanita, P., & Armis, A. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik fase E. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 102-113. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2637
Damayanti, Firmansyah, D. (2019). “Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan”. Sesiomadika : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/download/2291/1828
Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan KRM melalui Penerapan Model PBL. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.6902
Johar, R., & Lubis, K. R. (2018). The analysis of students’ mathematical representation errors in solving word problem related to graph. Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 96–107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.17277
Kusumaningsih, W., & Marta, R. P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning terhadap KRM Peserta didik SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 135–144. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1247
Lestari, E., Waluya, S., B., & Siswanto, B. (2018). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika dan Kerja Sama Siswa SMAN 4 Semarang Melalui Model Learning Cycle 5E. Prisma, Prosiding Seminar nasional Matematika - UNNES (n.d.). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Nur, M. S., Prihatiningtyas, N., C., & Rosmaiyadi, R. (2020). KRM Peserta didik SMP pada model learning cycle dan PBL Pada Materi Statistika. Variabel, 3(1), 26. https://doi.org/10.26737/var.v3i1.1317
Sari, D. P. (2020). Implementation of REACT Strategy to Develop Mathematical Representation, Reasoning, and Disposition Ability. Journal on Mathematics Education, 11(1), 145-156. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.7806.145-156
Septiani, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan KRM Peserta didik. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati: Tidak diterbitkan. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16408
Setiawati, Ina., Nurlaelah, Ilah., & Faudiah, Ilah Solehati. 2018. Penerapan Model problem based learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Ditinjau dari Penalaran Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 10 no. 1:41-44. https://doi.org/10.25134/quagga.v10i01.920
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Susanti, S., Duskri, M., & Rahmi, M. (2019). Peningkatan KRM melalui model problem-based learning pada peserta didik Smp/Mts. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 77. https://doi:10.24014/sjme.v5i2.7357
Wijaya, C. B. (2018). Analisis KRM Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran pada Kelas VII-B Mts Assyfi’yah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115–124. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234
Zulfah, Z., & Rianti, W. (2018). Kecakapan Komunikasi Peserta Didik Melalui Soal PISA 2015. JIPM, 7(1), 49–56. http://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3064
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.