PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Dinda Sabrina Zahra, Putri Yuanita, Elfis Suanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kecakapan Representasi Matematis (KRM) siswa SMPN 3 Pekanbaru melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek sebanyak 35 siswa kelas VII-4 SMPN 3 Pekanbaru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan Siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Proses penelitian berlangsung dari tanggal 14 Mei hingga 4 Juni 2024. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi perangkat pembelajaran, seperti Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar, serta instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KRM siswa SMPN 3 Pekanbaru. Peningkatan KRM siswa dapat dilihat dari hasil analisis KRM secara klasikal. Rata-rata nilai KRM awal siswa sebelum tindakan (tes awal) adalah 32,38. Pada Siklus I, rata-rata KRM meningkat menjadi 68,93, dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 87,46. Rata-rata KRM pada Siklus I menunjukkan peningkatan sebesar 36,55 dibandingkan dengan tes awal, sedangkan rata-rata pada Siklus II meningkat sebesar 18,53 dari Siklus I. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KRM siswa SMPN 3 Pekanbaru pada materi statistika di tahun pelajaran 2023/2024.


Keywords


kecakapan representasi matematis; problem based learning; statistika

References


Aliyanti, A. P., Putri, O. R., & Zukhrufurrohmah, Z. (2019). Analisis Kesalahan Representasi simbolik Mahapeserta didik Dalam menyelesaikan soal high order thinking skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 382. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2265

Armadan, Somakim, Indaryanti. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Pembalajaran Berbasis Teori Van Hiele di Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen 3(1): 54. FKIP Universitas Sriwijaya. Palembang. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.306

Azizah, L. N., Junaedi, I., & Suhito, S. (2019). “KRM Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta didik Kelas X pada Pembelajaran Matematika dengan Model PBL”. Prisma, Vol 2, 355–365. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28952

Azzahra, H., Yuanita, P., & Armis, A. (2024). Pengembangan modul ajar berbasis problem based learning untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik fase E. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 102-113. https://doi.org/10.33654/math.v10i1.2637

Damayanti, Firmansyah, D. (2019). “Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tahapan Kastolan”. Sesiomadika : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/download/2291/1828

Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan KRM melalui Penerapan Model PBL. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.6902

Johar, R., & Lubis, K. R. (2018). The analysis of students’ mathematical representation errors in solving word problem related to graph. Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 96–107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.17277

Kusumaningsih, W., & Marta, R. P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Discovery Learning terhadap KRM Peserta didik SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 135–144. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1247

Lestari, E., Waluya, S., B., & Siswanto, B. (2018). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika dan Kerja Sama Siswa SMAN 4 Semarang Melalui Model Learning Cycle 5E. Prisma, Prosiding Seminar nasional Matematika - UNNES (n.d.). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Nur, M. S., Prihatiningtyas, N., C., & Rosmaiyadi, R. (2020). KRM Peserta didik SMP pada model learning cycle dan PBL Pada Materi Statistika. Variabel, 3(1), 26. https://doi.org/10.26737/var.v3i1.1317

Sari, D. P. (2020). Implementation of REACT Strategy to Develop Mathematical Representation, Reasoning, and Disposition Ability. Journal on Mathematics Education, 11(1), 145-156. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.7806.145-156

Septiani, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan KRM Peserta didik. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati: Tidak diterbitkan. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/16408

Setiawati, Ina., Nurlaelah, Ilah., & Faudiah, Ilah Solehati. 2018. Penerapan Model problem based learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Ditinjau dari Penalaran Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 10 no. 1:41-44. https://doi.org/10.25134/quagga.v10i01.920

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Susanti, S., Duskri, M., & Rahmi, M. (2019). Peningkatan KRM melalui model problem-based learning pada peserta didik Smp/Mts. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 77. https://doi:10.24014/sjme.v5i2.7357

Wijaya, C. B. (2018). Analisis KRM Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran pada Kelas VII-B Mts Assyfi’yah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115–124. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234

Zulfah, Z., & Rianti, W. (2018). Kecakapan Komunikasi Peserta Didik Melalui Soal PISA 2015. JIPM, 7(1), 49–56. http://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3064




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.