ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan adversity quotient. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket adversity quotient, tes literasi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan literasi matematis siswa climber rata-rata memenuhi semua indikator literasi matematis yaitu merumuskan masalah, menerapkan konsep, dan menafsirkan hasil penyelesaian. Siswa climber memiliki daya juang yang tinggi dan memiliki keyakinan yang lebih baik, sehingga siswa climber cenderung tidak ingin menyerah sebelum bisa menyelesaikan masalah yang ditemuinya. 2) Kemampuan literasi matematis siswa camper rata-rata mampu memenuhi dua dari tiga indikator literasi matematis yaitu merumuskan masalah dan menerapkan konsep. Siswa camper memiliki daya juang yang sedang dan memiliki keyakinan yang cukup untuk menyelesaikan masalah yang ditemui, siswa camper cenderung cepat puas dengan pencapaian yang telah dicapai. 3) Kemampuan literasi matematis siswa quitter rata-rata hanya mampu memenuhi satu dari tiga indikator literasi matematis yaitu merumuskan masalah. Siswa quitter memiliki daya juang yang rendah dan kurang memiliki keyakinan dari jawaban penyelesaian yang telah ia kerjakan. Dari hasil peneltian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa climber, camper, dan quitter terdapat perbedaan yang mana mereka mempunyai kemampuan literasi matematis tiap-tiap orang berbeda. Semakin tinggi adversity quotient siswa maka semakin baik kemampuan literasi matematis siswa. Oleh karena itu, kemampuan literasi matematis siswa meningkat seiringi dengan tingkat adversity quotient mereka.
Keywords
References
Adam, A. H. E., Dwijayanti, I., & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Juwana Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 213–225.
Cosgrove, J., Shiel, G., Sofroniou, N., Zastrutzki, S., & Shortt, F. (2005). Education for life: The achievements of 15-year-olds in Ireland in the second cycle of PISA. Dublin: Epirint Limited.
Forum, W. E. (2015). New Vision for Education Unlocking the potential of Technology. AIP Conference Proceedings, 1702. https://doi.org/10.1063/1.4938795
Indrawati, F. (2023). Matematika dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Original Research, 80, 411–418.
Kasmita, K. A. (2020). Pengaruh Model CORE Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 02 Kuta Utara Kabupaten Bandung. Bali: Universitas Pendidikan Hanesha.
Kholid, M. N., & Yuhana, N. D. (2019). Metakognisi Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Analatik Ruang Ditinjau Dari Adversity Quotient. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang, 178–179.
Kurniawati, L., Miftah, R., Kadir, & Muin, A. (2021). Literasi Matematis Konteks Keislaman. Sumatra Barat: Insan Cendikia Mandiri.
Mawardhiyah, K., & Manoy, J. T. (2018). Literasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (PISA) Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). MATHEdunesa, 7(3), 638–643.
Mefa, A. O. (2020). Pengembangan Konsep Adversity Quotient Paul G.Stoltz dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Naimnule, M., Kartono, & Asikin, M. (2020). Mathematics Problem Solving Ability in Terms of Adversity Quotient in Problem Based Learning Model With Peer Feedback. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(2), 222–228. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Novitasari, E. D. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA Konten Change and Relationship pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Puhpelem. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
OECD. (2023). PISA 2022 Results: The State of Learning and Equity in Education (Vol. 1).
Padliadi, Marwan, & Zubainur, C. M. (2020). The thinking process of quitter students in solving open-ended mathematical problems. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012007
Prastowo, A. Y., & Waluya, S. B. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Percaya Diri pada Model Project Based Learningdengan Asesmen Kinerja. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 3(3), 209–2017. http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i3.133
Purwanti, A. F., Mutrofin, M., & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 40–57. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24775
Purwosetiyono, F. X. D., Budiyanti, M. R. P., Utami, R. E., & Buchori, A. (2022). Kemampuan Penalaran Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika pada Siswa Tipe Adversity Quotient (AQ). Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/8576
Ramadhani, N., & Hadi, M. S. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Pembelajaran Matematika. Community Development Journal, 4(2), 1661–1668. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13147
Retnowati, E., & Aqiilah. (2017). Efektivitas Strategi Pengelompokan Berpasangan Dalam Pembelajaran Matematika Model Core. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/cp.v35i1.12628
Rosita, Arif, K. M., & Suryaningsih, T. (2023). Hubungan Literasi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Sekolah Dasar. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.33765
Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344.
Stoltz, G. P. (2000). Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Grasindo.
Sulfayanti, N. (2023). Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 382–388. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590
Wardani, E. P., Susanto, H. A., & Astutiningtyas, E. L. (2023). Mathematical Literacy Analysis of Class XI Students of the PISA Model in View of Adversity Quotient (AQ). AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 9(2), 108. https://doi.org/10.30595/alphamath.v9i2.17529
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15376
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.