PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN MINAT BELAJAR YANG DIMODERASI OLEH EFIKASI DIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Lenny Wahyuni, Roma Doni Azmi, Susanti Susanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara efikasi diri, kecemasan matematis, motivasi berprestasi, dan minat belajar, terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian 65 siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif Pengambilan data menggunakan teknik pemberian soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap pemahaman konsep matematika; terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep matematika; terdapat pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika; tidak terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap pemahaman konsep matematika melalui efikasi diri sebagai moderating; terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep matematika melalui efikasi diri sebagai moderating; dan terdapat pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika melalui efikasi diri sebagai moderating.


Keywords


Kecemasan matematis; motivasi berprestasi; minat belajar; efikasi diri; pemahaman konsep matematika.

References


Ahmad, S. R. S. (2016). Pengaruh math phobia, self-efficacy, adversity quotient dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 259–272. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.6138

Anggrayani, H.D.L., Anies Fuady, A. (2023). Pengaruh Resiliensi Matematis dan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Jurnal Penelitin, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(30), 2.

Chrissanti, M. I., & Widjajanti, D. B. (2015). Keefektifan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2477–1503), 51–62. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7150

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4, 127–133. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847

Istiqa Yanti, D., & Fadiana, jizatin. (2022). Korelasi Antara Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 47–56.

Latifah, A. (2018). Pengaruh Konsep Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Iv Sd/Mi Se-Gugus V Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2017/2018. In Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57345

Nila, K. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, 229–235.

Nuraisyah, M., & Izzati, N. (2020). Self-Efficacy pada Hasil Belajar Peserta Didik Materi Bentuk Aljabar Madrasah Tsanawiyah Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 100–108. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i2.5453

Qausarina, H. (2016). Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiaety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Fakultas tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahmawati, R. A. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Psikologi Uin Malang. Universitas Islam Negeri.

Sandi, M. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Minat Belajar Siswa-Siswi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2477–2674), 208–214. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4365

Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta). Bandung. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43

Supriyatin, T., & Masanggeni, R. C. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Pada Materi Integral. Research and Development Journal of Education, 8(2657–1056), 801–807. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14059

Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives, 1(2549–5070), 59–65. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Wahidin, & Sugiman. (2014). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Motivasi Berprestasi , Kemampuan Pemecahan The Effect of the IRME Approach on the Achievement Motivation , Problem Solving Skills , and Learning Achievement. Pytaghoras, 9(1978–4538), 99–109.

Wahyudy, M. A., Putri, H. E., & Muqodas, I. (2019). Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dalam Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa Sekolah. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi)., 228–238. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.428

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2477–1503), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Widyastuti, Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2549–1040), 83–100.

Yakub, N. A., Taibe, P., & Musawwir. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Efikasi Diri Pada Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Sma Di Kota Makassar. Braz Dent J., 3, 186–194. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.1995




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.