SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI PENYELESAIAN SOAL LITERASI NUMERASI

Ulpha Mega Pratiwi, Novaliyosi Novaliyosi, Heni Pujiastuti

Abstract


Penelitian ini mencari tahu bagaimana keterkaitan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Melihat seperti apa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi apakah ada faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hubungan berpikir kritis dengan soal literasi numerasi. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), teknik pengumpulan data diawali dengan mengumpulkan artikel terkait di Google Scholar, Sinta dengan kata kunci berpikir kritis, matematika dan literasi numerasi. Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis siswa sangat berpengaruh ketika mengerjakan soal-soal literasi numerasi beberapa artikel menunjukan peningkatan kemampuan berpikir kritis saat siswa menyelesaikan soal-soal literasi numerasi, ada banyak faktor yang menentukan siswa mampu berpikir kritis seperti kurangnya minat membaca siswa dan motivasi siswa untuk memahami soal dengan baik seperti soal yang berbentuk text panjang. Faktor lain yang dapat mempengaruhi berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal literasi nuemrasi yaitu model pembelajaran yang guru berikan dikelas.


Keywords


Literasi Numerasi; Berpikir Kritis; Matematika

References


Agustin, P., & Adi Winanto. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Mapel IPAS Kelas IV SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 800–813. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5471

Anita Dian Pratiwi, Aryo Andri Nugroho, Rina Dwi Setyawati, & Susilo Raharjo. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263

Asyari, A., Saputra, E., Wulandari, W., Nuraina, N., & Listiana, Y. (2024). Pengembangan soal literasi numerasi berbantuan quizizz dengan menggunakan konteks sosial budaya kota tebing tinggi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 285–296. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.21648

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Bawadi, S., Pujiastuti, H., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2023). Implementation of Teacher and Student Independent Curriculum in Mathematics Learning : Systematic Literature Review. 6, 602–609.

Hafsah Adha Diana, & Veni Saputri. (2021). Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Soal Numerasi. Numeracy, 8(2), 113–127. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1609

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650

Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Krirtis Siswa SMP Kelas XI Pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, Knpmp I, 276–285.

Jispendiora, J., No, V., Karakter, P., Sekolah, D. I., Norlita, D., Nageta, P. W., & Faradhila, S. A. (2023). Systematic Literature Review ( SLR ) : Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora, 2(1), 209–219.

Laili, Amelia, 2023. (2023). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar Muhamadiyah Satu Banyuwangi. วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4(1), 88–100.

Mahmudah, K. R., & Mahmudah, K. R. (2024). Integrasi kemampuan berpikir kritis dalam perspektif kemampuan literasi matematika. 8(1), 14–24.

Miftahul Jannah, & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416

Moh Slamet Sutrimo, Sajdah, S. N., Sinambela, Y. V. F., & Bagas, R. (2024). Peningkatan literasi numerasi melalui model pembelajaran dan hubungannya dengan kemampuan self-efficacy: Systematic literatur review. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 61–72. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21650

Nastiti, A. M., Nindiasari, H., & Novaliyosi, N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Karakter Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 341–352. http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan

Neneng Eliana. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ipa Berorientasi Hots. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 170–180. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18675

Novaliyosi, N., Romsih, O., Yunita, E., Rizki Widiyastini, K., Nur Rahma, A., & Subhiyati Syam, S. (2023). Analisis Pentingnya Self-Efficacy Peserta Didik Smpn 14 Kota Serang Pada Materi Pythagoras. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(JP2MS), 345–354. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.345-354

Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Ridwan, F. (2020). Development of Mathematics Teaching Materials Based on Scientific Approach for Mathematics Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 591. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2902

Putri Susanto, N. C., Hartati, S. J., & Setiawan, W. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Dan Karakter Berpikir Kritis Siswa Sd Berbasis Etnomatematika. JIPMat, 7(2), 48–69. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.12534

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rukman, N. K., & Zulfikar, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(1), 106–117.

S, D. Y. P., & Alfiyah, H. Y. (2023). Hubungan Literasi Numerasi dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Sidoarjo Jawa Timur Hanik Yuni Alfiyah. 1(6), 319–328.

Salsabila, Y., Fatah, A., & Jaenudin, J. (2023). Hubungan antara Literasi Numerasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP di Kecamatan Curug. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 42–54. https://doi.org/10.46918/equals.v6i1.1789

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sari, A. R. K., & Sulistyani, N. (2016). Pengembangan Soal Literasi Matematika Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah. 5(2), 1–23.

Setiawan, D., & Hayati, N. (2024). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. 4, 183–193.

Suciono, W., Rasto, R., & Ahman, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4.0. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 48–56. https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32254

Sulasih, S., Mufidatik, M., & Fauziyah, N. (2022). Literasi Dan Numerasi Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Sigma, 7(2), 151. https://doi.org/10.53712/sigma.v7i2.1396

Ulhaq, dr. Z. S. (2018). Panduan Penulisan Skripsi : Literatur Review. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 32.

Yasin, M., Magister, P., Matematika, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Systematic Literature review: Integrasi ModelProblem Based Learning Dengan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Kemampuan. 4(2), 728–747.

Yasin, M., Nindiasari, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Pengembangan instrumen literasi numerasi konteks sosial budaya di smk plus pakuhaji 1,2,3. 4(2).

Zubadiah, S. (2018). BerpikirKritis-SitiZubaidah-UM. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains, 2009, 1–14.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.