ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NOLTING DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOLB

Stefani Luna, Metta Liana, Roma Doni Azmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab kesalahan siswa berdasarkan Teori Nolting dalam menyelesaikan soal literasi matematika, serta untuk meninjau perbedaan kesalahan antara siswa Gaya Belajar Kolb Tipe Konvergen dan Akomodasi. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan subjek yang terdiri dari siswa 28 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi penggunaan angket Gaya Belajar Kolb, tes literasi matematika, dan wawancara. Secara umum, teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa dengan gaya belajar konvergen dan akomodasi adalah kesalahan konsep (Co) dan kesalahan menerapkan (Ap). Diketahui faktor penyebab kesalahan siswa di antaranya tidak memperhatikan informasi soal dengan baik, kurang teliti dalam menentukan jawaban, lupa menuliskan rumus/konsep, tidak mampu menerapkan rumus/konsep, tidak memahami langkah penyelesaian soal, terburu-buru, tidak menyelesaikan penyelesaian secara keseluruhan, dan tidak mengetahui kesimpulan jawaban. Temuan utama penelitian adalah siswa gaya belajar konvergen cenderung melakukan sedikit kesalahan, sedangkan siswa akomodasi cenderung paling banyak melakukan kesalahan Nolting.

Keywords


kesalahan; teori nolting; literasi matematika; gaya belajar kolb

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=M_UrEAAAQBAJ

Agustini, Grashinta, A., Putra, S., Sukarman, Guampe, F. A., Akbar, J. S., Lubis, M. A., Maryati, I., Ririnisahawaitun, Mesra, R., Sari, M. N., Tuerah, P. R., Rahmadhani, M. V., & Rulanggi, R. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif) Agustini,. In Metode Penelitian Kualitatif (Issue 1). http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Aliudin, F. A. (2021). Literasi matematika siswa sekolah menengah pertama ditinjau dari gaya belajar menurut David Kolb. 1–70. http://etheses.uin-malang.ac.id/30566/1/17190032.pdf

Amelia, E., Pujiastuti, H., & Nindiasari, H. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar David Kolb. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 278–288. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.557

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659

Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Prisma, 1(1), 5–24.

Cahyani, C. A., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257

Chasanah, A. nurul, Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 46–56. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/10621%0A

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Fatkhiyyah, I., Winarso, W., & Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb. Jurnal Elemen, 5(2), 93–107. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.928

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten uncertainty and data. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1034–1043. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i2.149

Fitni, Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman pada Materi Statistika Ditinjau dari Gaya Belajar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 1–10.

Forum, W. E. (2015). Visi baru untuk pendidikan. Cologny/Jenewa Swiss. www.weforum.org%0A

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Hanifah, S. N., & Novaliyosi. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar Kolb. 23(2), 204–217.

Kemdikbud. (2023). Rapor pendidikan Indonesia tahun 2023. 2023. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login

Kemendikbud. (2017). Gerakan literasi nasional materi pendukung literasi numerasi. In Jakarta:Tim Gerakan Literasi Nasional (Vol. 8, Issue 9).

Lukman, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan siswa SMK dalam memecahkan masalah literasi matematis pada bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 101. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p101-106

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Mursyidah, D. (2023). Analisis kompetensi numerasi dan kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal AKM pada konten analisis data dan peluang.

Nolting, P. D. (2012). Math study skills workbook : your guide to reducing text anxiety and improving study strategies.

Prabawati, M. N., Muslim, S. R., & Mansyur, Z. (2021). Analisis kesalahan siswa sekolah menengah pertama di kota Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal literasi matematis pada materi SPLDV. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 117–128. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3661

Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Rachma, N. A. M., & Rosnawati, R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Menggunakan Tes Testlet. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(2), 231. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18707

Rahayu, S., Setyawati, D. U., & Febrilia, B. R. A. (2021). Kesalahan dan Miskonsepsi dalam Aljabar. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 38. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4267

Rahim, M. E., Gani, M. A., Lestari, M., & Mutmainnah, M. (2023). Gaya belajar yang berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika: literatur review. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 303–312. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.320

Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS (meta analisis). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923

Rosyid, M. Z., & Thoha, M. (2018). Model Berpikir Konvergen Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pengukuran Waktu. 6(2), 291–300.

Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Syarah, F., Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Materi Aljabar. Journal on Education, 05(04), 16067–16070. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.