ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NOLTING DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOLB
Abstract
Keywords
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=M_UrEAAAQBAJ
Agustini, Grashinta, A., Putra, S., Sukarman, Guampe, F. A., Akbar, J. S., Lubis, M. A., Maryati, I., Ririnisahawaitun, Mesra, R., Sari, M. N., Tuerah, P. R., Rahmadhani, M. V., & Rulanggi, R. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif) Agustini,. In Metode Penelitian Kualitatif (Issue 1). http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Aliudin, F. A. (2021). Literasi matematika siswa sekolah menengah pertama ditinjau dari gaya belajar menurut David Kolb. 1–70. http://etheses.uin-malang.ac.id/30566/1/17190032.pdf
Amelia, E., Pujiastuti, H., & Nindiasari, H. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar David Kolb. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 278–288. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.557
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659
Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal Prisma, 1(1), 5–24.
Cahyani, C. A., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257
Chasanah, A. nurul, Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 46–56. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/10621%0A
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Fatkhiyyah, I., Winarso, W., & Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb. Jurnal Elemen, 5(2), 93–107. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.928
Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten uncertainty and data. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1034–1043. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i2.149
Fitni, Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman pada Materi Statistika Ditinjau dari Gaya Belajar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 1–10.
Forum, W. E. (2015). Visi baru untuk pendidikan. Cologny/Jenewa Swiss. www.weforum.org%0A
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hanifah, S. N., & Novaliyosi. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar Kolb. 23(2), 204–217.
Kemdikbud. (2023). Rapor pendidikan Indonesia tahun 2023. 2023. https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login
Kemendikbud. (2017). Gerakan literasi nasional materi pendukung literasi numerasi. In Jakarta:Tim Gerakan Literasi Nasional (Vol. 8, Issue 9).
Lukman, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan siswa SMK dalam memecahkan masalah literasi matematis pada bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 101. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i3.p101-106
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Mursyidah, D. (2023). Analisis kompetensi numerasi dan kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal AKM pada konten analisis data dan peluang.
Nolting, P. D. (2012). Math study skills workbook : your guide to reducing text anxiety and improving study strategies.
Prabawati, M. N., Muslim, S. R., & Mansyur, Z. (2021). Analisis kesalahan siswa sekolah menengah pertama di kota Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal literasi matematis pada materi SPLDV. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 117–128. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3661
Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Rachma, N. A. M., & Rosnawati, R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Menggunakan Tes Testlet. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(2), 231. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18707
Rahayu, S., Setyawati, D. U., & Febrilia, B. R. A. (2021). Kesalahan dan Miskonsepsi dalam Aljabar. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 38. https://doi.org/10.33394/mpm.v9i2.4267
Rahim, M. E., Gani, M. A., Lestari, M., & Mutmainnah, M. (2023). Gaya belajar yang berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika: literatur review. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 303–312. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.320
Rahmadhani, E., & Hilliyani. (2023). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS (meta analisis). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1709–1724. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.16923
Rosyid, M. Z., & Thoha, M. (2018). Model Berpikir Konvergen Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pengukuran Waktu. 6(2), 291–300.
Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Syarah, F., Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Materi Aljabar. Journal on Education, 05(04), 16067–16070. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.