PENERAPAN PENDEKATAN PMRI BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD

Sinkha Arza Khaq, F. Shoufika Hilyana, Diana Ermawati

Abstract


Pendekatan pembelajaran matematika yang tidak sesuai dan tidak menarik bagi siswa menyebabkan siswa kurang mampu menganalisis, merumuskan masalah, dan menyimpulkan informasi untuk menyelesaikan masalah. Akibatnya, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD 1 Kaliwungu Kudus berbeda sebelum dan sesudah diadakannya pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan PMRI pada materi piktogram dan diagram batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental dan desain one group pretest-posttest. Penelitian akan diadakan di kelas IV SD 1 Kaliwungu tepatnya di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus. Dalam penelitian ini, 24 siswa kelas IV digunakan sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang cukup efektif dengan presentase nilai N-Gain sebesar 58% dalam kategori sedang.


Keywords


Berpikir kritis; PMRI; Matematika

References


Aini, F. N., Hilyana, F. S., & Wanabuliandari, S. (2023). Implementasi Model Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Media Geoboard Batik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Iv Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3344–3354. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.659

Azilah, R. N., Wahyudi, W., & Ngatman, N. (2020). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah pada Siswa Kelas II SDN Gumawang Tahun Ajaran 2017/2018. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v7i1.40682

Ennis, R. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part I. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(1), 4–18. https://www.pdcnet.org/pdc/bvdb.nsf/purchase?openform&fp=inquiryct&id=inquiryct_2011_0026_0001_0004_0018

Ermawati, D., Dyah, F., Pratiwi, A., Ummayyah, M., Khotimah, K., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Pembagian dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4698–4709.

Ermawati, D., Nur Anisa, R., Saputro, R. W., Ummah, N., Azura, F. N., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa, 2, 82–92. https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i2

Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Sumber dan Media Pembelajaran di SD. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Fauzi, M. R., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jingsaw Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09.

Fitriyana, E. V., Zaenuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Systematic Literatur Review: Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penddidikan Matematika Realistik Indonesia. JURNAL e-DuMath, 9(1), 20–28. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1937

Hilyana, F. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran LKS Untuk Meningkatkan Kompetensi Bekerjasama Dan Memecahkan Masalah Siswa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(1), 11–21. https://doi.org/10.24905/psej.v2i1.654

Jannah, M., Hilyana, F. S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 239–244. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4484

Kharis, M., Ardianti, S. D., & Hilyana, F. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Berbasis Media Educative Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 09(2).

Meirisa, A., Rifandi, R., & Masniladevi, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Gantang, 3(2), 127–134. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.508

Nasution, R. S., Fauzi, K. M. A., & Syahputra, E. (2020). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Space and Shape Untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22942

Nuraeni, W., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kemampuan Bernalar Kritis melalui Motivasi Belajar Matematika dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Edumath, 9(2), 117–124.

Nurmalita, R. A., & Hardjono, N. (2020). Efektifitas Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 47–53. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.543

Putra, D. O. P., & Purnomo, Y. W. (2023). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 512. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6231

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Setiyarini, R., Utaminingsih, S., & Shoufika Hilyana, F. (2023). Penerapan Strategi Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Di SD 3 Jekulo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 886–897.

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Sholihah, I., & Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Pembelajaran Himpunan. Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1), 1–16. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Suci, D. W., Firman, & Neviyarni. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 2042–2049.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RND. ALFABETA,CV.

Utami, F. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 887–894. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.852

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.