PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
Keywords
References
Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4), 87–94. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Scores. AREA-d American Education Research Association’s Devision, Measurement and Research Methodology.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills Aditama, dan soft skills matematik siswa. Refika Aditama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1194756
Ismunandar, D., & Nurafifah, L. (2018). Efektifitas Penggunaan Buku Ajar Berbantuan Geogebra untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Matematis. Dialektika, 5(2), 70–85.
Jurotun, J. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL- STAD berbantuan Geogebra Materi Program Linier Kelas XI MIPA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5969
Kubiatko, M., & Haláková, Z. (2009). Slovak high school students’ attitudes to ICT using in biology lesson. Computers in Human Behavior, 25(3), 743–748. https://doi.org/10.1016/j.chb.2009.02.002
Kurniawati, I. (2020). Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra. CV. Zenius Publisher.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.475
Priyono, S., & Hermanto, R. (2015). Peningkatan kemampuan representasi matematik peserta didik dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan media software Geogebra. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 55–64. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Set11
Saefulloh, Y. A., Sunaryo, Y., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Matlab. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 95. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6090
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar Ruzz Media.
Sundayana, R. (2016). Statistika penelitian pendidikan (Alfabeta (ed.)). https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=990230
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (1st ed.). Kencana.
Tianingrum, R., & Sopiany, H. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. SESIOMADIKA. http://pmat-unsika.eu5.org/Prosiding/64RisnaTianingrum-SESIOMADIKA-2017.pdf
Wahyuni, S., & Rahmadhani, E. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 605–614. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.605-614
Wibawa, T. P., Eliyarti, W., & Saputra, J. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berbantuan Geogebra. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 109–118. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8851
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.