IMPLEMENTASI PBL DAN RME PADA MATERI STATISTIKA: DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi statistika di Indonesia. Kemampuan representasi matematis dianggap sebagai keterampilan esensial yang memungkinkan siswa untuk mengkomunikasikan dan memodelkan gagasan matematis dengan cara-cara yang beragam, termasuk verbal, visual, dan simbolik. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan 30 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara, yang kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dan RME berdampak positif terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis masalah mampu menghasilkan representasi visual, simbolik, dan verbal dengan baik. Meskipun demikian, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam beberapa aspek, seperti kesalahan dalam proses pembulatan nilai atau kesulitan dalam memberikan kesimpulan yang tepat. Penerapan Model Pembelajaran PBL dan Pendekatan RME dapat dianggap efektif dalam meningkatkan literasi matematis siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan PBL dan RME ke dalam kurikulum matematika sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa secara menyeluruh.
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207–216. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.308
Amin, A., & Suardiman, S. P. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Model Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7688
Cahyaningrum, I. Y., Fuady, A., & Faradiba, S. S. (2023). Karakterisasi Representasi Matematis Visual dan Simbolik Siswa Kelas IX pada Materi Transformasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2646–2659. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1944
Chang, S., Lee, N., & Koay, P. (2017). Pengajaran dan pembelajaran dengan urutan konkret gambar-abstrak: Model yang diusulkan. Pendidik Matematika, 17(1), 1–28.
Dehani, S. K. (2019). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. JURNAL PEKA, 2(2), 50–57. https://doi.org/10.37150/jp.v2i2.1114
Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013
Hasan, F., Pomalato, S. W. Dj., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547
Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., & Rakhman, C. U. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Tahta Media Grup.
Maryati, I., & Monica, V. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri dalam Kemampuan Representasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.885
Nahdi, D. S. (2018). Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.711
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States OfAmerica: The National Council of Teachers of Mathematics.
Nur, M. S., Prihatiningtyas, N. C., & Rosmaiyadi, R. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Model Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning pada Materi Statistika. Variabel, 3(1), 26. https://doi.org/10.26737/var.v3i1.1317
Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantu Question Card Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683
Sari, L. M., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Smp Pada Materi Himpunan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 331. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7220
Setianto, I. E., & Risnanosanti. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pembelajaran RME dan CTL pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.50
Syabaniah, T. N., & Nuraeni, Z. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menggunakan Instructional Video Berbasis Pendekatan Worked Example. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 321. https://doi.org/10.31949/th.v7i2.4515
Syawaly, A. M., & Hayun, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Instruksional, 2(1), 10. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.10-16
Wahyudi, M., Joharman, M., & Ngatman, M. (2017). The Development of Realistic Mathematics Education (RME) for Primary Schools’ Prospective Teachers. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017). https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.83
Widdah, H., & Faradiba, S. S. (2022). Analisis Literasi Matematika Pada Pembelajaran Matriks Menggunakan Mind Mapping. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1670–1681. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1374
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 409–414.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.