ANALISIS KESALAHAN NUMERASI SISWA SMA BERDASARKAN TAHAPAN KESALAHAN NEWMAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa SMA kelas X saat mengerjaan soal numerasi berdasarkan tahapan kesalahan Newman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 MAN 1 Kota Cilegon yang berjumlah 34 siswa dan dipilih 4 siswa sebagai subjek. Subjek tersebut dipilih dari siswa dengan kemampuan numerasi rendah dikarenakan kemampuan numerasi rendah membuat siswa banyak melakukan kesalahan. Pengumpulan data dan analisis penelitian ini berupa tes numerasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, ditemukan berbagai kesalahan yang dilakukan siswa pada masing-masing soal. Pada soal nomor 1, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam numerasi, terutama dalam melakukan perhitungan yang akurat dan menyelesaikan proses perhitungan secara tepat. pada soal nomor 2a, kesalahan yang umum terjadi adalah dalam memahami soal dengan lengkap dan dalam mentransformasikan informasi dari tabel ke model matematis. Sedangkan pada soal nomor 2b, masalah utama adalah dalam menganalisis informasi dan mengambil kesimpulan dari hasil analisis. Pada soal nomor 3, siswa mengalami kesalahan yang serupa dengan soal nomor 1, terutama dalam memecahkan masalah praktis dan menulis jawaban akhir yang sesuai dengan konteks soal. Kesalahan numerasi yang dilakukan oleh siswa juga memiliki keterkaitan dengan kesalahan Newman, dimana pada kesalahan numerasi tidak mampu memecahkan masalah praktis dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari berkaitan dengan kesalahan Newman pada tahapan kesalahan keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Kesalahan numerasi tidak mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti tabel, gambar, diagram, dan lain sebagainya berkaitan dengan kesalahan Newman pada tahapan kesalahan memahami dan kesalahan transformasi. Kesalahan numerasi tidak mampu menafsirkan, memprediksi, dan mengambil kesimpulan dari hasil analisis berkaitan dengan kesalahan Newman pada tahapan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, dan kesalahan keterampilan proses.
Keywords
References
Alfarisi, Wulandari Suryaningrum, C., & Puspita Eka Firdaus, H. (2023). Analisis kemampuan numerasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah TIMSS ditinjau dari gender. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 64–78.
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prisma, 1, 364-370.
Ayu Fadilla Bouty, R., Ribut Yuda Pradana, O., Sasomo, B., Pendidikan Matematika, P., & Modern Ngawi, S. (2022). Analisis Kesalahan Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Barisan dan Deret Menurut Teori Newman. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. 4(2).
Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76.
Istikhoirini, E., & Fitri, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Meyelesaikan Soal Tipe Hots Kelas XI SMK Muhammadiyah Kajen. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 73–86.
Kemendikbud. (2023). Rapor Pendidikan Indonesia Tahun 2023. Tersedia pada https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/login. Diakses pada tanggal 21 Desember 2023.
Obilor, & Isaac, E. (2023). Convenience and Purposive Sampling Techniques: Are they the Same? International Journal of Innovative Social & Science Education Research, 11(1), 1–7.
OECD. (2022). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. Tersedia pada https://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/. Diakses pada tanggal 15 Desember 2023.
Pulungan, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia. Journal On Teacher Education, 3(3), 266–274.
Rahmah Sari, N., Asyari, S., & Muhammad Darwis, dan M. (2023). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Numerasi Aljabar dengan Menggunakan Prosedur Newman pada Siswa Kelas XI SMA. Issues in Mathematics Education , 7(2), 120–138.
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120.
Rosmiati, F., & Maya, R. (2021). Penggunaan Tahapan Newman Untuk Menganalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5).
Safuwan, indah N. A., Kurniawati, R. P., & Mursidik, E. M. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 206–222.
Salvia, N. Z., Putri Sabrina, F., & Maula, I. (2022.). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 351-360).
Sulasdini, W. I., Kartono, S., Masrukan, K., Dewi, M. R., & Susilo, N. R. (2023). Ragam Kesalahan Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi pada Siswa SMA Berdisposisi Matematis Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 6, No. 1, pp. 913-919).
Sughesti, M. M., Muhsetyo, G., & Susanto, H. (2016). Jenis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman. Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 563–572.
Yusuf, R. M. M., & Ratnaningsih, N. (2022). Analisis Kesalahan Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Assesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Paedagogy, 9(1), 24.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.15011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Diah Rahma Muharam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.