ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN MATERI ALJABAR KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERPUCUNG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Afdila, N. fajriyanti, Roza, Y., & Maimunah. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Letters of Mathematics Education, 5(01), 65–72. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660
Aini, Q. (2019). Identifikasi Kemampuan Metakognisi Siswa SD dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Disposisi Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 97. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.688
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012. Departemen Pendidikan Nasional. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kusumaningtyas, S. I., Juniati, D., & Lukito, A. (2017). Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Siswa Kelas VII SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independendt Dan Field. 8(1), 76–84.
Lenterawati, B. S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi Vol.II, 2(6), 471–482.
Lutfia, L., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 01(03), 396–404.
Maryati, I., Suzana, Y., Harefa, D., & Maulana, I. T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. 11(1), 210–220.
Mauliandri, R., & Kartini. (2020). Analisis Kesalahan Siswa menurut Kastolan dalam Pada Siswa SMP. 09(2), 107–123.
Natsir, N., Tandiayuk, M. B., & Karniman, T. S. (2016). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di Kelas VII SMP 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 440–453.
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. 01(02), 323–334.
Puspasari, G. H. L., Anggraeni, L. P., Al-Farizqi, M. A. S., Febriani, N. S., Juliana, S., & Fuadin, A. (2023). Peran Aljabar di Kalangan Pedagang. 2(1).
Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan. 3(1), 77–100.
Rodiah, S., & Triyana, V. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX Mts pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. 3(April), 1–8.
Sahriah, S., Muksar, M., & Lestari, T. E. (2012). Analisis Kesalaahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(1), 1–10.
Salsabilah, E. Y., & Nugraheni, L. (2022). Analisis Kesalahan Siswa berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 405–414.
Sitinjak, A. D., & Surya, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Aljabar. December, 0–10.
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. 123–130.
Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan Masalah berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. 3(1), 71–83.
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Artaning Lidiawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.