PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.11126Keywords:
Pemahaman konsep, Berpikir kritis, Pembelajaran berbasis masalah, Strategi HeuristikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi heuristik terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berikir kritis siswa Kelas VII. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu memberikan tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi heuristik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep peserta didik sebelum (pretest) yaitu 37,19 yang dimana termasuk dalam kriteria sangat rendah dan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep setelah (posttest) yaitu 80,71 yang termasuk kriteria tinggi. Kemudian nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis sebelum (ptetest) yaitu 44,29 termasuk kriteria rendah dan rata-rata kemampuan berpikir kritis setelah (posttest) yaitu 83,25 yang termasuk kriteria sangat tinggi. Untuk persentase keterlaksanaan pembelajaran yaitu 78,31% yang berada pada kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi heuristik berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis yang menunjukkan probabilitas pemahaman konsep 0,044 0,05, sehingga tolak H0 dan terima H1. Begitu pula dengan kemampuan berpikir kritis bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi heuristik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis yang menunjukkan probabilitas berpikir kritis 0,001 0,05, sehingga tolak H0 dan terima H1.References
Chotimah, Siti dkk. 2019. Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Negeri Di Kota Cimahi. IKIP Siliwangi. Vol 1. No 2.
Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Rajawali Pers. Depok.
Facione, P.A. critical thinking : what it is and Why it Count. http://www.insightassessment.com/content/download/1176/7580/file/what/26why2010.pdf.2015.
Fahrudhin, Achmad Gilang dkk. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Universitas Muria Kudus. Vol 1. No 1.
Fatqurhohman. 2016. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Universitas PGRI Banyuwangi. Vol 4. No 2.
Hadi, Sutarto dan Maidatina Umi Kasum. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Universitas Lambung Mangkurat. Vol 3. No 1.
Handika, Ilham Dan Muhammad Nur Wangid. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V. Vol 1. No 1.
Herawati, Oktiana Dwi Putra dkk. 2017. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Vol 4. No 1.
Heryandi, Yandi. 2018. Problem Based Learning Dengan Strategi Konflik Kognitif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Vol 7. No 1.
Karim Dan Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. Universitas Lambung Mangkurat. Vol 3. No 1.
Kartika, Yuni. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Universitas Riau. Vol 2. No 4.
Kusnidar, Uus. 2016. Use of Heuristic Strategies to Increase the Ability of Mathematical Problem Solving. Universitas Ahmad Dahlan.
Kusumaningtias, Anyta, dkk. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Dipadu Strategi Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Kognitif Biologi. Universitas Negeri Malang.
Lestari, Ni Nyoman Sri. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problembased Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas Vii Smp. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol 1. No 2.
Lidinillah, Dindin Abdul Muiz. 2009. Heuristik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dan Pembelajarannya Di Sekolah Dasar.
Mayasari, Ria Dan Rabiatul Adawiyah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Di Sma. Stkip Pgri Banjarmasin. Vol 1. No 3.
Molan, Benyamin. 2019. Logika Ilmu dan Seni Berpikir Kritis. Jakarta Barat:PT INDEKS.
Nayazik, Akhmad Dan Sukestiyarno. 2012. Pembelajaran Matematika Model Ideal Problem Solving Dengan Teori Pemrosesan Informasi Untuk Pembentukan Pendidikan Karakter Dan Pemecahan Masalah Materi Dimensi Tiga Kelas X Sma. Univeristas Negeri Semarang. Vol 7. No 2.
Ningsih, Sri Yunita . 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Smp Swasta Tarbiyah Islamiyah. STKIP Insan Madani Airmolek. Vol 3. No 1.
Novitasari, Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Vol 2. No 2.
Pemu, Nasrullah. 2017. Konsep Dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Makassar.
Sholihah, Dyahsih Alin Dan Ali Mahmudi. 2015. Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 2. No 2.
Sugeng, Mas. 2015. Keunggulan & Kelemahan Model Problem Based Laerning (Online). (Http://Www.Smartgeografi.Com/2015/06/Keunggulan-Kelemahan-Model-Problem.Html) Diakses Pada 27 Juli 2019.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Surabaya.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Trisnawati dan Dhoriva Urwatul Wutsqa. 2015. Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching Dan Tgt Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Prestasi Dan Motivasi. Universitas Negeri Yogyakarta. Vol 2. No 2.
Taniredja, Tukiran.2014. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung:Alfabeta.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.