KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU SATU PINTU, KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN MAMUJU TENGAH

Hendrawan Hendrawan, Rakhmat Rakhmat, Nurdin Nara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Mamuju Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif yang berarti bahwa penelitian dilakukan untuk memahami fenomena yang dialami subjek penelitian. Penelitian dilakukan di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Mamuju Tengah. Informan penelitian adalah kepala dinas penanaman modal, sekretaris dinas, pegawai PNS dan kontrak dan masyarakat kabupaten Mamuju Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik yang ada di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Mamuju Tengah belum maksimal dan butuh perbaikan, diliahat dari berbagai kekurangan indikator dinataranya ; tangible, reliability, responsiveness, assurance,dan empathy. Saran dalam penelitian ini adalah perlu di terapkan palayanan berbasis online agar dapat mempermudah masyarakat dalam menrima layanan dan perlu penambahan personil(SDM) serta penambahan sarana dan prasarana

Keywords


Kualitas, pelayanan, publik

Full Text:

PDF

References


Ainur Rohman, A & dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang : Averroes Press

Atep Adya Barata. 2003. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Yudhistira

David Mckevitt .1998. Managing Core Public Service, Oxford : Bleckwell

Gita Crystalia. 2015. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo (Doctoral Desertation Jurusan Pendidikan Administrasi)

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media

Ibrahim Amin 2008 Teori Dan Konsep Pelayanan Serta Implementasinya. Jakarta : Mandar Maju

Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Keban, Yeremias T. 2008. Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori, dan Isu Edisi Kedua. Yogyakarta : Gaya Media

Lukman, Sampara 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA-LAN Jakarta

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Parasuraman, dkk 1998. Servqual : A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Jurnal Of Retailing

Santoso, Pandji, 2012, Administrasi Publik, Teori, dan Aplikasi Good

Governance, Bandung: PT Refika Aditama.

Sedarmayanti, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama

Sinambela Lijan Poltak, 2016. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, Dan Implementasi, Pt. Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono, 2012. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Bandung : Alfabeta,




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v6i2.3504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

______________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats
 
Flag Counter