Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Melalui Penyusunan Standar Pelayanan Di Kantor Desa Kalebentang Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar

Asmarianti Asmarianti, Muhammad Ikram Mubaraqah

Abstract


Pelayanan publik oleh birokrasi masih banyak menghadapi beberapa permasalahan seperti adanya calo, prosedur yang membingungkan, serta ketidakpastian terkait waktu dan biaya yang membuat akses pelayanan sangat sulit dan tidak merata bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun Standar Pelayanan (SP) di Kantor Desa Kalebentang guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan fokus grup diskusi (FGD). Hasil penelitian ini menghasilkan enam (6) Standar Pelayanan yang akan diterapkan di Kantor Desa Kalebentang, termasuk pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Surat Pengantar Catatan Kepolisian, Surat Keterangan Usaha (SKU), Surat Pengantar Kartu Keluarga, Surat Pengantar Kartu Tanda Penduduk, dan Surat Keterangan Jual Beli Tanah. Setelah dilakukan kegiatan fokus grub diskusi (FGD) bersama aparat desa dan masyarakat, dilanjutkan pada tahap penetapan dan penerapan Standar Pelayanan dengan melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman di lingkungan Kantor Desa Kalebentang, dan terakhir yaitu penetapan maklumat pelayanan yang berisi pernyataan kesanggupan para pelaksana untuk menjalankan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan bersama.


Keywords


kualitas pelayanan; pelayanan publik; standar pelayanan

Full Text:

PDF

References


Asmarianti, A. (2023). Perancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Kantor Kelurahan Maccini Sombala Kota Makassar. Admit: Jurnal Administrasi Terapan, 1(1), 89-106.

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif.Makassar: CV. Syakir Media Press.

Bazarah, J. (2023). Implementasi Good Governance Dalam Pelayanan Publik (Kajian Literasi Permasalahan Pelayanan Publik di Indonesia). Prediksi: Jurnal Administrasi dan Kebijakan, 22(1), 35-43.

Habibi, M. M., Sukriono, D., Rapita, D. D., & Sudirman, S. (2019). Pendampingan pembentukan standar pelayanan publik pemerintahan desa sebagai upaya mewujudkan good village governance. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 19-27.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Mayasari, B., & Budiantara, M. (2023). Penerapan Standar Pelayanan Publik di Desa Gesikan. Yogyakarta. Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri. 2(2).

Ombudsman Republik Indonesia. 2021. Ringakasan Eksekutif Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2021.

Ombudsman Republik Indonesia. 2022. Ringakasan Eksekutif Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2022.

Sugiman, S. (2018). Pemerintahan Desa. Fakultas Hukum Universitas Suryadarma. Binamulia Hukum. 7(1), 82-95.




DOI: https://doi.org/10.26618/kjap.v9i3.13011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

______________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
View My Stats
 
Flag Counter