Analisis Deskriptif Integrasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Wahdah Islamiyah di SMP Islam Terpadu Wihdatul Ummah Takalar

DOI: https://doi.org/10.26618/ajzq6989

Penulis

  • Budiman Br Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

Integration, Merdeka Curriculum, Wahdah Islamiyah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk integrasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Wahdah Islamiyah di SMP Islam Terpadu Wihdatul Ummah Takalar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakasek Bagian Kurikulum, Guru mapel bahasa inggris dan Guru mapel BTHQ. Selanjutnya, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kurikulum dilakukan pada empat aspek utama, yaitu: perancangan kurikulum dan perangkat ajar, proses pembelajaran dan penilaian, kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan karakter. Proses integrasi tersebut menggabungkan materi kurikulum nasional yang adaptif dengan nilai-nilai Islam yang menjadi inti dari Kurikulum Wahdah Islamiyah. Model integrasi yang diterapkan menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam dapat selaras dengan kebijakan pendidikan nasional melalui kurikulum yang fleksibel dan adaptif. Sebagai implikasi penelitian maka diperlukan dukungan berbagai pihak, bukan hanya dari sekolah tetapi juga dari pemerintah, orang tua dan masyarakat.

Biografi Penulis

Budiman Br, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

SMA IT Wihdatul Ummah Takalar - Guru

Referensi

Akbar, Muhammad, et al. "Literature Review: Analysis Of Weakness And Inhibiting Factors In The Implementation Of The Merdeka Curriculum." Prosiding Seminar Nasional Kimia. Vol. 2. No. 1. (2023): hal. 109 https://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1318

Al Yamin, Susanto. Pendidikan Karakter: Mewujudkan Generasi Unggul. Bogor: Guepedia, 2020.

Hajar, Aprilita, and Sri Wahyuni. "Ketertinggalan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural pada Lembaga Pendidikan Islam di Pelosok Desa." Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 1 (2024): hal. 49 https://doi.org/10.38073/jpi.v14i1.1532.

Harahap, N. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing, 2020.

Isnaeni, Celyna, dkk. “Transformasi pendidikan abad 21 dalam merealisasikan sumber daya manusia unggul menuju indonesia emas 2045." Jurnal Basicedu 7.5 (2023): 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030

Khozin, dkk. "Pengembangan Integrasi Kurikulum." Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam 10.1 (2021): 87. https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9090

Kusumawati, Intan, dkk. Pengantar Pendidikan. Batam: CV Rey Media Grafika, 2023.

Muzdalifa, Eva. "Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19." 2, (2022) 187–192.

Pusat Penilaian Pendidikan. Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Balitbang Kemendikbud, 2019.

Rifa’I, Ahmad, dkk. “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pembelajaran PAI di Sekolah,” Jurnal Syntax Admiration 3, No. 8, (2022): h.1007 https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.471

Rusmini. Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Badung Bali: Pusaka Publishing, 2017.

Tim Penyusun, Selayang Pandang WAHDAH ISLAMIYAH. Makassar: DPP Wahdah Islamiyah, 2021.

Widyastuti, Ana. Merdeka Belajar Dan Implementasinya, Merdeka Guru Siswa, Merdeka Dosen Mahasiswa, Semua Bahagia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2022.

Winarni, Endang Widi. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara, 2018

Diterbitkan

2025-12-01