Penguatan Moderasi Beragama dalam Meningkatkan Karakter Moderat Peserta Didik di SD Negeri Ngasemlemahabang Ngimbang Lamongan
DOI: https://doi.org/10.26618/w7w97589
Kata kunci, Moderasi beragama, Karakter moderat, Toleransi
Abstrak
Menganalisis penguatan moderasi beragama sebagai upaya penguatan karakter moderat siswa SDN Ngasemlemahabang Ngimbang Lamongan. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif, melalui teknik pengumpulan data observasi langsung pada subjek penelitian, wawancara mendalam dilakukan kepada guru dan siswa untuk memperoleh perspektif yang lebih luas, analisis dokumen juga dilakukan terkait dengan program moderasi beragama. Penelitian ini mengungkap bahwa penguatan moderasi beragama di SDN Ngasemlemahabang berhasil dilaksanakan melalui penerapan nilai-nilai moderasi yang masuk dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menekankan pentingnya peran sekolah dalam membentuk karakter moderat pada generasi muda, serta meningkatkan sikap toleransi dan saling menghargai dengan teman yang berbeda latar belakang.
Referensi
Agus Ahmadi. 2019. Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia’s Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13: (2)
Apipudin. 2020. Pendidikan Agama Islam Dan Multikulturalisme. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7: (3)
Basyori, M. Andry As’ari. 2023. Skripsi Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Siswa Kelas Xi Di Smk Batik 1 Surakarta. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
Dr. Nurasmawi, M. Pd., Ristiliana, S. Pd. M. PdE. (Eds). 2021. Pendidikan Multikultural. Asa riau: CV. Asa Riau.
Fatimah, Nur. 2023. Skripsi Implementasi Program Penguatan Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pai Di Smp Negeri 2 Suppa. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Parepare
Fauziyah Nurdin. 2021. Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al Mu’ashirah, Vol. 18: (1)
Hasbullah. 2024. Muhammadiyah Dan Tantangan Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 3: (2)
Ismail Hasan. 2022. Program Penguatan Moderasi Beragama Menuju Indonesia Yang Rukun, Damai Dan Toleran Di Lingkungan Kementerian Agama Kota Mojokerto. Jurnal Ilmiah: Gema Perencana, Vol. 1: (2)
Kurnia. 2023. Skripsi Penguatan Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Mts Ddi Lombo’na Kabupaten Majene. Institut Agama Islam Negeri Parepare
Lukman Hakim Saifuddin (Ed). 2019. Moderasi Beragama. Jakarta Pusat: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI
Mohammad Al Farabi. 2023. Penguatan Moderasi Beragama Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Aliyah Raushan Fikri Islamic School Langkat-Sumatera Utara. Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Vol. 7: (1)
Muchamad Mufid. 2023. Penguatan Moderasi Beragama Dalam Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin Kurikulum Merdeka Madrasah. Journal of Islamic Education, Vol.2: (2)
Muh. Amin. 2018. Pendidikan Multikultural. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Vol. 09: (1)
Musliha, Dewi. 2022. Skripsi Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Siswa Madrasah Aliyah Nurul Mubtadiin Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Inhil. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Omar S, M. Ikhlashul. 2023. Skripsi Strategi Penguatan Pendidikan Multikultural Dalam Membangun Pemahaman Siswa Tentang Moderasi Beragama (Studi Di Smpn 14). Universitas Islam Negeri Mataram
Qoidul Khoir. 2024. Pendidikan Karakter Dalam Membangun Moderasi Beragama Di Madrasah Diniyah Muadalah Tsanawiyah Nurul Qarnain Jember. Iches: International Conference on Humanity Education and Society, Vol. 3: (1)
Reski, Lismardiana. 2022. Skripsi Pemikiran Muhammadiyah Tentang Moderasi Beragama (Studi Kasus Di Kabupaten Mamuju Tengah). Uin Alauddin Makassar.
Ridwan Yulianto. 2020. Implementasi Budaya Madrasah Dalam Membangun Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 1: (1)
Siti Uswatun Hasanah, Rena Sulistyaningrum. 2023. Pendidikan Karakter Dalam Membangun Moderasi Beragama Generasi Milenial di MA El-Bayan Majenang. Jurnal on Education, Vol. 6: (1)
Siti Zulaikah. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10: (I)
Suparman. 2023. Skripsi Peranan Guru Pai Dalam Pembinaan Moderasi Beragama Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 1 Aralle. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Parepare.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Irda Setyaningsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com










