Upaya Ustazah dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun Santriwati Dayah Raudatul Muna Ajun Laksamana
DOI: https://doi.org/10.26618/n66hfk69
Abstrak
Pendidikan karakter merupakan elemen penting dalam pembentukan manusia seutuhnya, dengan akhlak sebagai aspek utama yang mencerminkan kepribadian individu. Di Dayah Raudhatul Muna, pendidikan akhlak diintegrasikan melalui keteladanan dan pembiasaan yang berkelanjutan. Ustazah berperan sentral dalam menanamkan nilai-nilai moral, seperti kejujuran dan kesopanan, yang menjadi indikator keberhasilan pendidikan. Melalui metode keteladanan, santriwati diajarkan untuk meniru perilaku baik ustazah dalam interaksi sehari-hari. Pembiasaan sopan santun dilakukan melalui rutinitas harian dan program Tarbiyatul Akhlak, yang mengajarkan nilai-nilai adab secara interaktif. Meskipun terdapat tantangan dari latar belakang keluarga dan pengaruh teman sebaya, ustazah tetap berkomitmen untuk memberikan bimbingan dengan pendekatan kasih sayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap upaya ustazah dalam membentuk perilaku sopan santun santriwati, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil menunjukkan bahwa konsistensi dan keteladanan ustazah, dukungan lingkungan pesantren, serta motivasi internal santriwati berkontribusi signifikan dalam pembentukan karakter. Dengan demikian, pendidikan akhlak di Dayah Raudhatul Muna diharapkan dapat menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia.
Referensi
Abdullah, A. (2021). Pembiasaan Nilai-nilai Moral dalam Pendidikan Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 123–135.
Al-Ghazali, A. H. (2005). Ihya’ Ulum al-Din. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Al-Qaradawi, Y. (2011). Islamic Education: Its Meaning and Its Role in the Formation of Character. Leicester: The Islamic Foundation.
Atmawarni. (2021). Pendidikan Karakter di Pesantren: Keteladanan dan Disiplin sebagai Kunci Pembinaan. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 101–115.
Fathoni, A. (2020). Pendidikan Akhlak di Dayah: Perspektif Islam dan Implementasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45–58.
Fathy, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Keteladanan: Membangun Perilaku Melalui Teladan Pendidik. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(2), 109–120.
Fitriani, S. (2019). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Siswa di Pesantren Al-Ikhlas Palembang. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 145–158.
Hartini, R. (2018). Tantangan Pendidikan Karakter di Pesantren di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 5(2), 89–102.
Islakhuzzaqiyah. (2020). Peran Ustazah dalam Meningkatkan Akhlaqul Karimah Santri Putri. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 89–102.
Latifah, F. N., & Suluri, S. (2023). Peran Ustazah dalam Membina Akhlak Santri di Lingkungan Pesantren. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 45–58.
Mardhiah, S. (2021). Peran Ustazah dalam Membentuk Akhlak Santri di Dayah Tradisional Aceh. Jurnal Studi Islam, 5(1), 89–102.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, S. (2019). Peran Keteladanan dalam Pendidikan Karakter Santri di Pesantren. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 112–125.
Mulyadi, S. (2020). Membangun Karakter dengan Pendidikan Akhlak di Pesantren. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 98–110.
Mustofa, Z. (2019). Peran Ustazah dalam Pembentukan Karakter Santri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 67–80.
Nasution, H. (2021). Pendidikan Karakter di Pesantren: Integrasi Ilmu dan Akhlak. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 134–147.
Nurhayati, D. (2020). Strategi Pendidik dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral kepada Santri di Pesantren Modern Al-Azhar Medan. Jurnal Tarbiyah, 9(1), 67–82.
Rahmawati, N. (2020). Pendekatan Kasih Sayang dalam Pendidikan Karakter Santri. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 76–88.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyuno, M. P. P. (2010). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan RND”. Bandung: Alfabeta.
Zohar, D. (2010). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Dan Akhlak, 4(1), 55–68.
Zuliana, S. (2024). Keteladanan Ustazah dalam Pembinaan Akhlak Santri. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 12(1), 77–90.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nanda Luthfia, Saifullah Isri, Sri Mawaddah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com










