Penerapan Kedisiplinan Berpakaian Santri Pondok Pesantren Tgk. Chiek Eumpe Awee Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar

DOI: https://doi.org/10.26618/cebaxj31

Penulis

  • Yurnalis Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh
  • Sri Mawaddah Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan kedisiplinan berpakaian di Pondok Pesantren Tgk Chiek Eumpe Awee, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode yang digunakan oleh ustadz dan ustazah dalam menanamkan kedisiplinan berpakaian kepada santri, serta menilai pengaruhnya terhadap pembentukan karakter dan kepribadian santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan berpakaian memiliki dampak positif terhadap internalisasi nilai-nilai kesopanan, tanggung jawab, dan kepatuhan terhadap norma-norma Islam. Ustadz dan ustazah menerapkan metode uswah hasanah (keteladanan), metode edukatif (pengajaran langsung), serta metode preventif (pencegahan pelanggaran sejak dini). Faktor pendukung keberhasilan penerapan meliputi keterlibatan aktif pimpinan pondok, adanya peraturan tertulis, serta dukungan dari orang tua. Namun, beberapa tantangan tetap muncul, seperti pengaruh negatif media sosial, keterbatasan ekonomi santri, dan kurangnya pengawasan saat hari libur. Dengan demikian, penerapan disiplin berpakaian merupakan bagian integral dari pembinaan karakter santri dan harus dilakukan secara konsisten dan kolaboratif.

Biografi Penulis

Yurnalis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh

Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh

Sri Mawaddah, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh

sebagai dosen uin ar-raniry

Referensi

Hadisi, L., Musthan, Z., Gazali, R., Herman, H., & Zur, S. (2022). Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin Kabupaten Konawe Selatan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 248–253.

Hj. Mardiyah, Jihan Millah, & Y. A. (2023). Penerapan Kedisiplinan Siswa dan Meningkatkan Pendidikan Sekolah. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 26–46.

Jamarah, S. B. (2002). Kedisiplinan Santri. Jakarta: Rineka Cipta.

Mabruri, M. D., & Musnandar, A. (2020). Implementasi Pendidikan Spiritual Dalam Meningkatkan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Subulas Salam Selobekiti Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(2), 196–212.

Masrur, A. F. (2018). Pendidikan Karakter KH. Imam Zarkasyi. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Maula, M. H. A. Z. & L. (2022). Pengaruh Implementasi Tata Tertib terhadap Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–9.

Mulyana, D. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nafingah, A., & Rahman, R. A. (2024). IMPLEMENTASI PERATURAN PESANTREN DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ISLAH KALILAWANG GARUNG WONOSOSBO TAHUN 2023. Reflektif: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 148–159.

Nata. (2012). Pnedidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurkholifah, I. (2018). Penerapan sikap disiplin pada santri dan santriwati di pondok pesantren. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 46–51.

Nurul ’izza, F., Rimaelina, I., Al-Kautsar, I. A., Nurfadhilah, K., & Hasyim, K. (2024). Penerapan Tata Tertib Sebagai Upaya Meningkatkan Karakteristik Kedisiplinan Santri di Yayasan Ash-Shibyan Desa Mekarmaju. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 386–391. https://doi.org/10.28926/JPIP.V4I2.1537

Sa’adah, U. (2017). Hukuman dan implikasinya terhadap pembentukan kedisiplinan santri di pondok pesantren. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(1), 14–28.

Diterbitkan

2025-11-30