Management Strategy in Developing the Morals of Students at the Al-Khoirot Islamic Boarding School in Malang

Authors

  • Muhammad Farhus Sururi Universitas Al-Qolam Malang
  • Muhammad Odik Afifin Universitas Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.26618/jtw.v10i01.17764

Keywords:

Keywords, Strategy, Management, Islamic Boarding School, Morals, Santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang dalam mengembangkan akhlak santrinya, seperti memasukkan nilai-nilai Islam dalam pelajaran, memberikan contoh perilaku yang baik, membiasakan perilaku positif, serta mengadakan kegiatan keagamaan dan sosial. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai, mengamati, dan mengumpulkan dokumen untuk memahami bagaimana strategi-strategi tersebut diterapkan dan apa dampaknya pada akhlak santri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan model pendidikan karakter yang efektif di pesantren dan menjadi acuan bagi pengembangan kebijakan pendidikan karakter di tingkat nasional. Selain itu, penelitian ini juga akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi pengembangan akhlak santri, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas program-program pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang.

Kata kunci: Strategi, Pengurus, Pondok Pesantren, Akhlak, Santri

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad. (2021). Peran Kepemimpinan Kiai: Karakter Kiai dan Pola Pembentukan Karakter Santri. E-Journal Studia Manajemen, 10(1), 25–32.

Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Strategi Camat Dalam Meningkatkan Perangkat Desa di Bidang Teknologi Informasi di Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Governance, 1(2), 1–8.

Astika, L., Nur Evisa, S., & Chanifudin. (2024). Peran Pesantren Dalam Membentuk Karakter Diera Globalisasi. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(3), 679–687. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i3.1191

Bahtiar, Y., Syaifuddin, M., & Khasibah, N. (2023). Strategi Pengurus Pondok Pesantren Dalam Membina Kedisiplinan Belajar Santri. Jurnal AlifLam: Journal of Islamic Studies and Humanities, 3(2), 35–54. https://doi.org/10.51700/aliflam.v4i1.413

Bauto, L. M. (2014). PERSPEKTIF AGAMA DAN KEBUDAYAAN DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA (Suatu Tinjauan Sosiologi Agama). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 11–25. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1616

Candrawati, V. L., & Zikry Septoyadi. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Di Kalangan Santriwati Pondok Al-Hidayah Di Dusun Karang Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 4(1), 826–839. https://doi.org/10.20885/tullab.vol4.iss1.art1

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In CV. Pusraka Ilmu Group.

Herman, O. (2013). Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 2 Juli - Desember SEJARAH PESANTREN DI INDONESIA. Jurnal Islamic Reviewurnal Islamic Review, 6(2), 145–158.

Kaimudin, P. F. S. (2022). Jurnal pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 101–112. https://doi.org/10.56146/edusifa.v6i2.6

Maulida, Abd Mukti, Y. B. (2022). Upaya Pembinaan Akhlak Santri Di Dayah Modern Maqamam Mahmuda Takengon Budianti Institut Agama Islam Negeri Takengon Uin Sumatera Utara Medan. In Pendidikan Islam (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2901

Nina Nuratiqoh, Gunawan Ikhtiono, H. K. N. (2018). Peranan Motivasi Bagi Santri Pondok Pesantren Daarul Muhajirin Kota Bogor Dalam Memperdalam Ilmu Agama Sebagai Penerus ‘Alim Ulama. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(8), 761–769.

Nur Muslimah, E. M. (2021). Peran Pengurus Pesantren Dalam Menanamkan Jiwa Kepemimpinan Santri Di Pondok Pesantren Raudlatur Rochmaniyah Lumajang. Khazanah: Jurnal Edukasi, 3(1), 56–78.

Nurussofiah, F. F., Muhammad, D. H., & Prasetiya, B. (2023). Strategi Kepemimpinan Pondok dalam Menerapkan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Miftahul Arifin Bantaran Kabupaten Probolinggo. Islamika, 5(1), 296–315. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i1.2786

Quddus, A. (2020). Akhlak Tasawuf Mazhab Cinta Meraih Kebahagiaan Dunia & Akherat. In Akhlak Tasawuf.

Rosyda Mufida, K. (2023). Peran Pengurus Dalam Menerapkan Nilai Disiplin Belajar Pada Santri. Gahwa, 1(2), 16–31. https://doi.org/10.61815/gahwa.v1i2.238

Sawaty, I. (2018). STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK SANTRI Sawaty, I. (n.d.). STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN (Strategy For the moral guidance of Academy Santri Cottage boarding school).DI PONDOK PESANTREN (Strategy For the moral guidance of Academy Santri Cot. Al-Mau’izhah, 1(1), 35–47.

Subandi. (2011). DESKRIPSI KUALITATIF SEBAGAI SATU METODE DALAM PENELITIAN PERTUNJUKAN. Harmonia, 11, 173–179.

Sumarni, Sa’dullah, A., & Sufiyana, A. Z. (2020). Peran Pengurus Pondok dalam Menerapkan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Daarul Falah Areng-Areng, Dadaprejo, Junrejo Kota Batu. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(7), 168–176. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/460

Tamim, R. (2024). PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ( MODEL PESANTREN DAN MADRASAH ). AT-TARBIYAH, 2(1), 476–493.

Downloads

Published

2025-05-25